Analisis Manajemen Pengetahuan Terhadap Performa Organisasi

Alvin Kurnia Rahmansyah, Asiqotul Khusniyah, Yusuf Amrozi

Abstract

Manajemen pengetahuan (KM) masih menjadi topik penting di bidang sistem informasi manajemen. Praktik KM telah terbukti meningkatkan kinerja organisasi. Oleh karena itu, penting untuk meneliti bagaimana menyempurnakan pemahaman tentang konsep dan praktik manajemen pengetahuan untuk meningkatkan kinerja organisasi. Tujuannya ialah, pertama, menganalisis sistem informasi manajemen dan menemukan hubungannya. Kedua, analisis KM. Ketiga, menganalisis kinerja organisasi. Keempat, menunjukkan peran antara KM dan kinerja organisasi yang mempengaruhi, seperti struktur organisasi dan teknologi informasi. Metode yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KM berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Semakin baik penggunaan knowledge management maka semakin baik pula kinerja organisasi.

Keywords

Kinerja organisasi; Manajemen pengetahuan; Sistem informasi manajemen

Full Text:

PDF

References

.

Barney, J. 1991. Film Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, 17(1).

Indiyati, D. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi dan Manajemen Pengetahuan Terhadap Keunggulan Bersaing. Sosiohumaniora, 16(2).

Kaplan, R. S., dan D. P. Norton. 1996. The Balanced Scorecard: Translating Strategy into Action: Harvard Business Press.

Lee, Heesok., Choi, Byounggu(2000). Knowledge Management and Organization Performance, Informs & Korms.

Praharsi, Y. (2016). Manajemen pengetahuan dan implementasinya dalam organisasi dan perorangan. Jurnal Manajemen Maranatha, 16(1).

Puryantini, Navik., dkk. (2017). Pengaruh Knowledge Management terhadap Performa Organisasi Dimediasi Inovasi di Organisasi Penelitian Pemerintah, Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 2(2).

Rachman, F. (2015). Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian dalam Perspektif AL-Qur’an dan Hadith. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 1(2).

Rakhmawati, A. (2017). STRATEGI PENGELOLAAN MANAJEMEN PERUSAHAAN (Penerapan Manajemen Pengetahuan Ke Dalam Organisasi). Al-Ghazwah, 1(1).

Sutabri, T. (2012). Konsep sistem informasi. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Udin (2016). Implementasi Knowledge Management pada Perguruan Tinggi, Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).

Welczak, Steven (2008). Knowledge Management and Organizational Learning, The Learning Organization, 15(6).

Wijayanti, Desi Putri., Sundinman, Didi (2017). Pengaruh Knowledge Management terhadap Kinarja Karyawan (Studi Empiris pada PT. SMS Kabupaten Kota Waringin Timur), Jurnal Manajemen, 12(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.