Pengaruh Safety Talk terhadap Tingkat Pemahaman K3 pada Pekerja Dimoderasi dengan Gender Instruktur Safety Talk

Ghea Flowrenza, Feri Harianto

Abstract

Safety talk merupakan salah satu upaya pencegahan kecelakaan kerja pada proyek konstruksi dengan cara memberikan edukasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Namun, tidak diketahui secara pasti apakah safety talk memang dapat berpengaruh terhadap tingkat pemahaman K3 pada pekerja atau tidak. Selain itu, apakah gender instruktur safety talk dapat mempengaruhi tingkat pemahaman K3 pada pekerja. Mengingat mayoritas pekerja konstruksi adalah pria, yang cenderung lebih memperhatikan wanita dalam lingkungan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh safety talk dengan dimoderasi jenis kelamin instruktur terhadap tingkat pemahaman K3 pada pekerja. Penelitian ini bersifat pre-experimental design menggunakan cross-section data. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan respondennya adalah tukang dan pekerja, ukuran sampel sebesar 60 orang. Analisis yang digunakan adalah regresi dengan dimoderasi, dengan variabel bebas adalah safety talk, variabel tak bebas adalah tingkat pemahaman K3, dan variabel moderasi adalah gender. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa safety talk berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman K3 (T hitung = 16,804 > T tabel = 2,0017). Gender instruktur safety talk wanita lebih baik dari pria dalam memberikan tingkat pemahaman K3, hal ini terlihat peningkatan nilai R square sebesar 5,95%.

Keywords

Gender; Tingkat pemahaman K3; Safety talk

Full Text:

PDF

References

Infrastructure Health & Safety Association, “Safety Talk (Revised Edition),” pp. 1, Ontario : IHSA, 2019.

Enguire, Fiffin Dealy,“Pengaruh Safety Talk terhadap Tingkat Pengetahuan Penggunaan APD pada Karyawan Bagian Pengelasan di PT.INKA (Persero) Madiun ,” Surakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, 2013.

Marsitaharjanti, Ignes, “Pengaruh Pemberian Safety Talk terhadap Perilaku Selamat Penggunaan APD pada Pekerja Produksi PT.Lintech Duta Pratama,”Surabaya : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, 2013.

Gunawan, Imam & Palupi, Anggraini Retno, “Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif : Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Penilaian,” PGSD FIP PGRI Madiun, 2012.

Shaywitz, Bennet & Shaywitz, Sally, dkk, “Sex Differences in the Functional Organization of the Brain for Language,”Nature 373(6515), pp. 607-609, 1995.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,” Bandung : Alfabeta, 2015.

Widarjono, Agus, “Analisis Regresi dengan SPSS,” Yogyakarta : UPP STIM YKPN, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.