Peningkatan Kualitas dan Produktifitas Sambal Kerang dengan Mesin Pelumat dan penggoreng Mekanik di Sentra Ikan Bulak Surabaya

Nurul Widji Triana, Suprihatin Suprihatin, Lilik Suprianti

Abstract

Kerang merupakan salah satu hasil laut yang banyak terdapat di perairan Kenjeran, Surabaya. Kerang- kerang yang berukuran kecil dan kualitas rendah kurang laku di pasaran. Sehingga untuk meningkatkan nilai tambah, kerang kerang kecil tersebut diolah menjadi produk makanan seperti sambal kerang dan abon kerang.  UKM Bunda adalah kelompok usaha bersama yang bergerak di bidang pengolahan teripang dan kerang yang berlokasi di sentra pengolahan hasil laut kelurahan kedung cowek, kecamatan Bulak Surabaya. Walaupun banyak diminati wisatawan, namun produk olahan kerang dari UKM Bunda belum dapat memenuhi permintaan pasar karena proses produksi yang masih dilakukan secara konvensional. Peralatan yang dipakai masih sederhana sehingga proses produksi  memerlukan waktu yang lama serta produk yang kurang terjaga kualitasnya. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini  dilakukan mekanisasi dalam proses pembuatan sambal kerang dan abon kerang dengan mengaplikasikan hasil teknologi Tepat Guna (TTG) dari UPN Veteran Jawa timur berupa mesin pelumat(telah terdaftar di HaKI desain industri A-00201204059), dan mesin penggoreng mekanik (tersertifikasi HaKI IDD-00000938) dengan mitra UKM Bunda. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan penguatan kelembagaan juga dilakukan untuk memberikan wawasan kepada pelaku UKM terhadap bisnis dan pemasaran. Dampak yang dirasakan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah adanya peningkatan produksi sambal kerang dari 5 kg/minggu  menjadi 25kg/minggu. Proses produksi  lebih higienis serta kualitas semakin terjaga.

Keywords

sambal kerang; mesin pelumat; mesin penggoreng, UKM Bunda

Full Text:

PDF

References

Astrid A. Tari, F. K. D., Djeffry Amalo. (2018). Analisis Kandungan Gizi Jenis-Jenis Kerang yang Biasa Dikonsumsi Masyarakat Nembe Desa Oeseli Kecamatan Rote Barat Daya Kabupaten Rote Ndao NTT. Jurnal Biotropikal Sains, 15(2), 1-9.

BPOM, R. (2012). Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia Nomor HK. 03.1. 23.04. 12.2206 tentang Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) untuk IRTP: Jakarta.

Nursari, N. (2016). Pengaruh pH dan Suhu Pasteurisasi terhadap Karakteristik Kimia, Organoleptik Dan Daya Simpan Sambal. Jurnal Sains dan Teknologi Pangan, 1(2).

Sulestiani, A., Baroroh, I., Ekowanti, M. R. L., & Budiman, K. (2017). Penguatan Teknologi Pengolahan Kerang di Kedung Cowek, Kecamatan Bulak Surabaya. Agritrop: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian (Journal of Agricultural Science), 15(1).

Wardhani, D. H., Aryanti, N., Buchori, L., & Cahyono, H. (2018). PENINGKATAN EFISIENSI PADA PRODUKSI SAMBAL MELALUI SCALE-UP ALAT PENGGILING BAHAN BAKU. ABDIMAS UNWAHAS, 2(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.