Peningkatan Kualitas Batik Tulis Motif Tajung di Kelurahan Polagan Sampang Menggunakan Bahan Pewarna Alam Mangrove

Amirullah Amirullah, Tri Wardoyo, Diana Rapitasari

Abstract

Kampung Madegan dan Kampung Tajung merupakan salah satu wilayah pesisir di Kelurahan Polagan Kabupaten Sampang. Pada sepanjang pesisir pantai telah lama tumbuh pohon bakau (mangrove) dan berbatasan langsung dengan lahan tambak. Sekitar sepuluh tahun terakhir vegetasi mangrove di kedua kampung ini semakin berkurang. Dampaknya ketika laut pasang, tidak ada media penahan alami sehingga air menerobos mangrove dan langsung masuk ke lahan tambak. Intrusi air laut ini menyebabkan banyak tambak penduduk tidak produktif lagi baik menghasilkan garam di musim kemarau dan budidaya ikan bandeng atau udang di musim penghujan. Penurunan vegetasi mangrove dipicu oleh: (1) penebangan kayu, dahan, dan ranting  pohon mangrove untuk kayu bakar, (2) pengambilan daun hutan mangrove sebagai pakan ternak, (3) penambangan pasir pantai secara masif khususnya ketika air laut surut untuk pasir bangunan, (4) minimnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat bahwa bagian mangrove (dahan dan kulit batang) jenis dapat diolah menjadi bahan pewarna alam batik tulis. KKN-PPM Universitas Bhayangkara Surabaya 2019 dilaksanakan di Kampung Madegan dan Kampung Tajung. Salah satu hasil kegiatan program adalah batik tulis gentongan Motif Tajung menggunakan bahan pewarna dari dahan/kulit batang mangrove jenis Rhizophora Mucronata (tinjang) dengan melibatkan Kelompok Pengrajin Batik Tulis Tajung Laok (Mitra 1). Kegiatan diharapkan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat, bahwa mangrove selain sebagai penahan ombak alami, habitat bagi ikan maupun udang muda, dan sumber oksigen, dahan dan kulit batangnya dapat juga dimanfaatkan menjadi produk bernilai ekonomis berupa bahan pewarna alam batik tulis, sehingga mampu meningkatkan kualitas batik tulis Motif Tajung  sekaligus mendorong masyarakat lokal menjaga kelestarian Mangrove.

Keywords

Mangrove; Batik-Tulis; Pewarna-Alam; Rhizophora Mucronata

Full Text:

PDF

References

https://www.google.co.id/maps/dir/Universitas+Bhayangkara+Surabaya,+Jl.+Ahmad+Yani+No.14,+Ketintang,+Kec.+Gayungan,+Kota+SBY,+Jawa+Timur+60231/Polagan,+Sampang,+Kabupaten+Sampang,+Jawa+Timur/. Diambil 5 Oktober 2019.

Amirullah, Tri Wardoyo, Diana Rapitasari. (2019), Pemanfataan Buah dan Daun Bakau (Mangrove) Untuk Produk Minuman dan Makanan Bernilai Ekonomis Tinggi. Diambil 5 Oktober 2019, dari https://conference.ubaya.ac.id/semnas-abdimas2019/home?lang=en.

DAFTAR NAMA KECAMATAN KELURAHAN/DESA & KODEPOS DI KOTA/KABUPATEN SAMPANG JAWA TIMUR (JATIM). Diambil tanggal 29 September 2018, dari http://organisasi.org/daftar-nama-kecamatan-kelurahan-desa-kodepos-di-kota-kabupaten-sampang-jawa-timur-jatim.

https://www.google.co.id/maps/place/Polagan,+Kec.+Sampang,+Kabupaten+Sampang,+Jawa+Timur/Diambil 4 Oktober 2018.

Motif Batik Sampang Khas Madura Provinsi Jawa Timur. Diambil 4 Oktober 2019 dari https://infobatik.id/577-2/.

Sepintas Motif Batik Tulis Sampang, (2012). Diambil 4 Oktober 2019 dari http://lontarmadura.blogspot.com/2011/12/sepintas-motif-batik-tulis-sampang.html.

Syariful Alim, Agus Kiswantono, (2016), Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Peningkatan Kualitas, Manajemen, dan Pemasaran Batik Tulis Motif Tajung Melalui Penambahan "Aromaterapi" di Kelurahan Polagan Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang Jawa-Timur, Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Agama dan Budaya, Vol. 1 Juli 2016, Hal. 172-185, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember.

Tri Wardoyo, Achmad Yulianto, (2016), Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Peningkatan Kualitas, Efisiensi, dan Manajemen Batik Tulis Gentongan Tanjung Bumi “Pewarnaan Alam” di Desa Peseseh Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan Jawa-Timur”, Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Agama dan Budaya, Vol. 1 Juli 2016, Hal. 121-137, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.