Optimalisasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Menuju Kalanganyar sebagai Desa Digital

M. Husni Tamrin, Sri Umiyati, Deasy Arieffiani, Lunariana Lubis, Arie Ambarwati, Zainal Abidin Achmad

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan publik dengan memanfaatkan sistem informasi menuju desa digital. Kebutuhan masyarakat tentang kualitas pelayanan publik yang efektif dan efisien menjadi sebuah keniscayaan. Pemerintah Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo sebagai bagian dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah menerapkan pelayanan berbasis digital yang dinamakan SIPRAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo) sesuai dengan Surat Edaran Bupati Sidoarjo tentang kewajiban bagi seluruh desa untuk memanfaatkan aplikasi tersebut. Akan tetapi, partisipasi dan pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan SIPRAJA masih rendah sehingga aplikasi hanya dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat saja. Metode pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahapan pelaksanaan, yaitu brainstorming, sosialisasi, dan pendampingan. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini, pemerintah desa memahami tentang pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik. Selanjutnya, pemerintah desa juga berhasil memberikan arahan dan meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan aplikasi SIPRAJA. Dengan demikian, pelayanan publik di Desa Kalanganyar dapat berjalan secara optimal dengan memanfaatkan aplikasi tersebut.

Keywords

Desa Kalanganyar; Optimalisasi; Pelayanan publik; SIPRAJA

Full Text:

PDF

References

“Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo | JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik”, Accessed: Nov. 28, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpap/article/view/4497

S. N. Hapzah, B. Rianto, and M. H. Tamrin, “Tata kelola inovasi pelayanan publik: dimensi kelembagaan, aktor kebijakan dan masyarakat,” Publisia J. Ilmu Adm. Publik, vol. 5, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2020, doi: 10.26905/pjiap.v5i2.4327.

“Apa Urgensi Mewujudkan Desa Digital ? - Desanesia Blog.” https://www.desanesia.com /blog/apa-urgensi-mewujudkan-desa-digital.html (accessed Nov. 28, 2022).

H. Thamrin, Hukum Pelayanan Publik di Indonesia. Aswaja Pressindo, 2013.

A. Chalik, Pelayanan publik tingkat desa. Yogyakarta: Interpena, 2015. Accessed: Nov. 28, 2022. [Online]. Available: http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/1453/

A. Wiradimadja and B. Kurniawan, “PELATIHAN PTK BAGI GURU IPS SMP/MTS MALANG RAYA,” J. Praksis Dan Dedik. Sos., p. 6, Apr. 2019, doi: 10.17977/um032v0i0p6-12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.