Edukasi dan Pendampingan Pengolahan Limbah Rumah Tangga untuk Meningkatkan Keterampilan Sumber Daya Masyarakat di Kampung Edukasi Sampah, Sekardangan, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo

Yustia Wulandari Mirzayanti, Wiwik Widyo Widjajanti, Evi Yuliawati, Syamsuri Syamsuri, Heri Irawan

Abstract

Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk membantu mitra dalam upaya peningkatan pelayanan fasilitas masyarakat dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) pada mitra. Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Pengabdian pada Program Kemitraan Masyarakat dengan judul Edukasi dan Pendampingan Pengolahan Limbah Rumah Tangga untuk Meningkatkan Keterampilan Sumber Daya Masyarakat di Kampung Edukasi Sampah, Sekardangan, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo. Lokasi mitra berjarak sekitar 30 km dari Kampus Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar kurang lebih satu jam dari Kampus ITATS. Permasalahan prioritas mitra adalah: (1) peningkatan fasilitas pelayanan pada pengolahan air limbah rumah tangga, (2) peningkatan fasilitas pelayanan pada pengolahan sampah plastik, (3) perluasan jangkauan jaringan perpustakaan digital, dan (4) peningkatan keterampilan pada SDM mitra. Solusi yang diberikan oleh Tim Pengusul kepada mitra adalah: (1) memberikan teknologi instalasi pengolahan air limbah (IPAL) rumah tangga, (2) memberikan teknologi pengolahan daur ulang limbah atau sampah plastik, (3) memberikan teknologi perluasan jangkauan jaringan untuk menambah fasilitas perpustakaan digital, dan (4) memberikan pelatihan serta pendampingan terkait pengolahan air limbah rumah tangga, pengolahan sampah plastik, dan pelatihan serta pendampingan dalam upaya meningkatkan keterampilan SDM mitra terkait pengolahan air limbah rumah tangga untuk efisiensi penggunaan air, pengolahan daur ulang sampah plastik, perluasan jangkauan jaringan, dan pemilihan saluran internet yang sesuai dengan usia anak-anak yang mendukung perpustakaan digital. Program PKM ini dapat meningkatkan fasilitas pelayanan bagi masyarakat mitra yang dulunya belum ada.

Keywords

Air limbah rumah tangga; Pengolahan sampah; Sampah plastik

Full Text:

PDF

References

https://kampungedukasisampah.id/

Aji, R. W., 2019. Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Jurnal Manajemen dan Ekonomi. Vol. 2. No. 2. p. 213-224. e-ISSN: 2620-6099, p-ISSN: 2620-7680.

Yunita, D., Humaedi, S., dan Sagita, N.I., 2019. Pemanfaatan Kembali Air Limbah Rumah Tangga dalam Upaya Efisiensi Penggunaan Air. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4. No. 1. Februari 2019. p. 24-28. Universitas Padjajaran. ISSN: 1410-5675; e-ISSN: 2620-8431.

Kementerian Lingkungan Hidup. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 112 Tahun 2003 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.