Pendampingan Digitalisasi Usaha Koperasi Unit Desa Sedya Mulya Bojonegoro Berbasis Web

Teguh Soedarto, Firza Prima Aditiawan, Gusti Eka Yuliastuti

Abstract

Kabupaten Bojonegoro juga dikenal dengan potensi lahan pertanian yang cukup luas sehingga Kabupaten Bojonegoro menjadi lumbung pangan untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Dengan tingginya produksi beras di Kabupaten Bojonegoro, tentunya harus diimbangi dengan pengelolaan yang baik. Dalam hal ini, pemasaran beras masih menggunakan cara konvensional, yakni petani menjual hasil pertanian ke perantara. Cara konvensional tersebut memiliki permasalahan, yakni kurang meluasnya penyebaran informasi, termasuk pemasaran produk, sehingga perlu dilakukan upaya agar hasil produksi pertanian lebih menjangkau pasar yang luas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan digitalisasi usaha Koperasi Unit Desa (KUD) Sedya Mulya. Digitalisasi yang dimaksud ialah mengubah metode pemasaran konvensional menjadi digital berbasis internet berupa website. Tujuan dari dilakukannya digitalisasi itu yakni untuk meningkatkan daya saing pemasaran produk, kemasan, serta promosi.

Keywords

Digitalisasi pemasaran; Kabupaten Bojonegoro; Pemasaran berbasis website; Pemasaran produk; Produk pertanian

Full Text:

PDF

References

Rahayu and Wiwit, “Strategi Pengembangan Komoditas Pertanian Unggulan di Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro,” SEPA J. Sos. Ekon. Pertan. dan Agribisnis, vol. 7, no. 2, pp. 127–134, 2011.

Y. Suherman, “Sistem Informasi Pengelolaan Hasil Penyuluhan pada Kelompok Tani,” J. Sains dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 83–89, 2018, doi: 10.22216/jsi.v4i1.

A. R. Setiawan, F. D. Cahya, D. Pibriana, and M. Rizky, “Sistem Informasi Manajemen Pertanian pada PT Pandawa Untuk Indonesia Palembang Berbasis Website,” Core.Ac.Uk, pp. 1–13, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/162164924.pdf.

D. S. Fuadi, A. S. Akhyadi, and I. Saripah, “Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial,” Diklus J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 5, no. 1, pp. 1–13, 2021, doi: 10.21831/diklus.v5i1.37122.

P. F. E. K. Tantra and D. M. F. P. Sari, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Membantu UMKM Kopi Rempah Desa Tista (Redesta) di Masa Pandemi,” JPP IPTEK (Jurnal Pengabdi. dan Penerapan IPTEK), vol. 6, pp. 79–86, 2022, doi: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i1.1938.

S. Yulia, R. A. Siswanto, G. Gumilar, and U. Telkom, “Perancangan Rebranding dan Media Promosi UMKM Royal Sticker Bojonegoro,” e-Proceeding Art Des., vol. 8, no. 6, pp. 3151–3161, 2021, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/ index.php/artdesign/article/view/16896.

N. K. I. M. Dewi, N. L. P. Sariani, and D. M. Sukarnasih, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Penunjang Kegiatan Pemasaran PT Sacco Indonesia atau Massimo Restaurant Sanur dalam PPKM di Wilayah Bali,” JPP IPTEK (Jurnal Pengabdi. dan Penerapan IPTEK), vol. 6, no. 1, pp. 35–42, 2022, doi: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i1.1968.

W. Santoso, H. S. Pranoto, and F. Septina, “Digitalisasi Sentra Wisata Kuliner Wiyung Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur,” JPP IPTEK (Jurnal Pengabdi. dan Penerapan IPTEK), vol. 6, no. 1, pp. 71–78, 2022, doi: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i1.2919.

S. D. Hafizh, F. Pradana, and A. H. Brata, “Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 9, pp. 8797–8803, 2019.

B. Kumalasari and N. Asandimitra, “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja UMKM di Kabupaten Bojonegoro,” J. Ilmu Manaj., vol. 7, no. 3, pp. 784–795, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.