Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Mekatronik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD di Kabupaten Kampar, Riau

Rita Kurnia, Yeni Solfiah, M. Arli Rusandi, Piki Setri Pernantah

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran merupakan kompetensi penting bagi guru PAUD, termasuk melibatkan teknologi sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran Generasi Z. Namun, beberapa guru masih mengalami kendala dalam menggunakan media pembelajaran yang erat kaitannya dengan teknologi. Metode yang digunakan adalah melatih guru PAUD yang belum pernah menggunakan media pembelajaran berbasis mekatronik. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran mekatronik sehingga proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Peserta yang menjadi sasaran pengabdian ini adalah delapan orang guru PAUD Kabupaten Kampar, Riau. Hasil pengabdian ini adalah meningkatnya kompetensi guru PAUD dari segi pemahaman dan keterampilan dalam hal penggunaan media pembelajaran berbasis mekatronik dengan persentase 100%.

Keywords

Media pembelajaran; Teknologi mekatronik; Keterampilan guru PAUD

Full Text:

PDF

References

S. Lestari, “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi,” Eduregilia, vol. 2, no. 2, p. 97, 2018.

E. Y. Wijaya, D. A. Sudjimat, and A. Nyoto, “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global,” in Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 2016, p. 264.

Wukir, “Kajian Terhadap Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Guru,” Lex Jurnalica, vol. 5, no. 3 Agustus 2008, p. 187, 2008.

S. I. Prahesti and S. Fauziah, “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang,” Obsesi, vol. 6, no. 1, p. 506, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v6i1.879.

T. A. Sum, E. Graciela, and M. Taran, “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Abstrak,” vol. 4, no. 2, pp. 543–550, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v4i2.287.

M. S. Sumantri, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2015.

E. Syaodih, L. Kurniawati, H. Handayani, D. Setiawan, and I. Suhendra, “Pelatihan Keterampilan Guru dalam membuat Pembelajaran Sains Anak Usia Dini,” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 5, no. 2, p. 523, 2020, doi: 10.30653/002.202052.310.

Guslinda and R. Kurnia, Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing, 2018.

Y. Nurani, Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Campustaka, 2019.

P. Sari, “Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran,” MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), vol. 1, no. 1, p. 44, 2019.

Mursid, Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

R. Kurnia, “Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini,” in Pembelajaran Kekinian untuk PAUD, Sep. 2021, pp. 288–292. Accessed: May 31, 2022. [Online]. Available: http://proceedings2.upi.edu/index.php

/semnaspgpaudpwk/article/view/1874

R. Kurnia, Mahdum, and Azriyenni, “Media Pembelajaran Berbasis Mekatronik Untuk Anak Usia Dini,” Pekanbaru, Oct. 2020.

E. Rijanto, “Apa Itu Mekatronika? (2. Definisi),” Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jan. 23, 2015.

R. Kurnia, Y. Solfiah, P. S. Pernantah, and M. A. Rusandi, Media Pembelajaran PAUD berbasis Teknologi Mekatronik. Pekanbaru: Taman Karya, 2021.

E. Khairul, D. Mutia, R. Novianti, M. A. Rusandi, and M. Garzia, Profil Perkembangan PAUD Provinsi Riau. Pekanbaru: ART Grafika, 2020.

A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2016.

R. Kurnia, Bahasa Anak Usia Dini. Bandung: Dee Publish, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.