Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Penunjang Kegiatan Pemasaran PT Sacco Indonesia atau Massimo Restaurant Sanur dalam PPKM di Wilayah Bali

Ni Kadek Indah Miranda Dewi, Ni Luh Putu Sariani, Desak Made Sukarnasih

Abstract

Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, yang telah membawa dampak pada terbatasnya pergerakan manusia akibat social distancing dan physical distancing, menjadikan teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting sekaligus sebagai solusi untuk mengatasi pembatasan tersebut. Pandemi COVID-19 menyebabkan pergeseran dan perubahan perilaku konsumen. Salah satunya ialah PT Sacco Indonesia atau yang sering dikenal sebagai Massimo Restaurant. Perusahaan dan juga restoran ini bergerak dalam bidang makanan Italia, baik berupa bahan dan juga makanan siap santap. Restoran atau perusahaan sempat kembali berjaya di awal tahun 2021, saat ini pendapatannya kembali menurun 2,07 persen dari pemasukan sebelumnya diakibatkan aturan terbaru PPKM darurat di Bali. Sektor rumah makan hanya bisa melayani take away, tidak boleh makan di tempat. Tujuan pengabdian ini adalah untuk lebih meneliti bagaimana cara perusahaan PT Sacco Indonesia atau Massimo Restaurant dalam mengupayakan maupun memanfaatkan teknologi informasi sebagai kunci pemasaran mereka dalam situasi PPKM di wilayah Bali saat ini. Metode kegiatan ini adalah metode observasi dan wawancara. Hasil kegiatan terdapat beberapa upaya yang harus dilaksanakan oleh PT Sacco Indonesia dan juga Massimo Restaurant, yaitu dari segi layanan pengantaran makanan online lebih ditingkatkan untuk menggapai jumlah konsumen yang cukup tinggi dan juga memanfaatkan media informasi dalam pemasaran e-commerce. Selain itu untuk meningkatkan penjualan, perusahaan juga memberikan tips memasak pasta praktis di rumah dalam waktu lima menit sebagai daya tarik pembelian produk di PT Sacco Indonesia.

Keywords

Massimo Restaurant; Pemasaran; PPKM; PT Sacco Indonesia; Teknologi informasi

Full Text:

PDF

References

Rizal Mantovani, “Pengaruh Pandemi COVID-19 terhadap Tingkat Kemiskinan di Kota Makassar,” Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, 2021.

Reda and Aksi, Ahli Virus sebut COVID-19 adalah Virus Umum. Surabaya: Akfar, 2020.

S. E. Dwi Lestari A, “Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Toserba Luwes,” Universitas Muhammadyah Surakarta, Surakarta.

W. Laura Hardilawati, “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi COVID-19,” J. Akunt. dan Ekon., vol. 10, pp. 89–98, 2010.

Ravianto J., Produktivitas dan Pengukuran. Jakarta: Binaman Askara, 2014.

Ilham M, “ Efektivitas Komunikasi Organisasi Pemimpin, Kerja Sama Tim Dan Kepuasan Kerja Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan,” Unikom, Bandung.

Tjiptono F., Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi, 2008.

H. Ri. Syafrizal Fa, “Cara Perusahaan E-Commerce Terkemuka Menerapkan Panduan Ux Untuk Sistem E-Commerce,” Universitas Sriwijaya, Palembang, 2021.

Puntoadi D., Menciptakan Penjualan via Social Media. Elex Media Computindo, 2011.

S. Assauri, Manajemen Pemasaran, edisi 1 cetakan 12. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Gunelius S, 30-Minute Social Media Marketing: Step-by-Step Techniques to Spread the Word about Your Business: Social Media Marketing in 30 Minutes a Day. McGraw Hill Professional, 2010.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.