Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Membantu UMKM Kopi Rempah Desa Tista (Redesta) di Masa Pandemi

Putu Feby Eka Kawi Tantra, Desak Made Febri Purnama Sari

Abstract

Desa Wisata Tista merupakan daerah pertanian yang sebagian besar penduduknya terdiri dari petani penggarap tanah sawah.  Selain itu, Desa Wisata Tista memiliki beberapa produk unggul yang ditampung oleh BUMDES Desa Tista seperti kopi Redesta, camilan kacang sembunyi, teh sereh, abon lele, baletis (bakso lele tista), dan donat ubi ungu. Kopi Redesta merupakan kopi racikan yang kaya akan manfaat diantaranya sebagai terapi berhenti merokok karena rokok pasti identik dengan kopi. Oleh karena itu, pencetus kopi Redesta menggunakan ide kopi yang diramu dengan bahan alami seperti cengkeh, jahe, kayu manis, sereh, dan kapulaga. Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, yang telah membawa dampak pada terbatasnya pergerakan manusia akibat social distancing dan physical distancing, menjadikan teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting sekaligus sebagai solusi untuk mengatasi pembatasan tersebut, di antaranya dalam urusan pemerintahan, pendidikan, bisnis, ekonomi, kesehatan, bahkan urusan agama dan ibadah. Salah satu bisnis yang harus ikut tutup guna menaati aturan pemerintah ialah UMKM Kopi Rempah Desa Tista (Redesta). UMKM Redesta mampu bersaing dengan bisnis-bisnis lainnya. Namun, di masa pandemi, UMKM tersebut juga terkena imbasnya. Ditambah lagi dengan aturan PPKM yang mengharuskan usaha ini tutup dan berjualan secara online menggunakan e-commerce maupun teknologi informasi lainnya. Guna mempersiapkan usaha ini di masa new normal/Bali Kembali mendatang, tujuan dalam penulisan ini yaitu untuk meneliti lebih jauh bagaimana cara UMKM Redesta dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai kunci pemasaran mereka pada situasi pandemi dan juga persiapan new normal/Bali Kembali mendatang.

Keywords

Kopi Redesta; Pandemi; Pemasaran; PPKM; Teknologi informasi; UMKM

Full Text:

PDF

References

Agus Muriawan Putra, Ni Nyoman Sri Aryanti, IB. Ketut Astina, & IB. Dwi Setiawan., “Pengemasan Kuliner Lokal Dan Cinderamata Lokal Dalam Mendukung Pengembangan Desa Wisata Tista, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan,” Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya, 9(1), 1–18, 2019.

Agribisnis, P. S., “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Kopi Instan,” Fak Pertanian, and Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 11(2):175–80, 2015.

Hermawan, Latius, and Mochamad Hariadi, “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Informasi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi,” (Sentika):1–8, 2014.

Budiarto dan Samsul, “Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Pendekatan Mark Plus & Co Di Kandatel Jakarta,” Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan 3(1):13–24, 2014.

Zhafira, A. N., dan Pasaribu, A, "Kiat UMKM manfaatkan teknologi agar bertahan PPKM Darurat, Jakarta: ANTARA NEWS. 2021.

Pinar, Y. dan Kayapinar, “Digital Consumer Behavior in an Omnichannel World,” Environments in the Customer Journey Emerald, hal. 55-77, 2020.

Juan, W., Bowe, Z., dan Hefu, L, “Satisfying Consumers all Around: a Multidisciplinary View of Omnichannel Retail,” Industrial Management & Data Systems, 2020.

Lupi, Fadel Retzen, and Nurdin, “Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer,” 2(1):20–31, 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.