Respon Masyarakat Terhadap Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Organik Menjadi Kompos dengan Penambahan Biourine di Desa Cangkring, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban

Lilik Mawartiningsih, Imas Cintamulya, Tabitha Sri Hartati Wulandari

Abstract

Sampah adalah bahan yang tidak digunakan lagi yang berbentuk padat maupun cair.Sampah akan menimbulkan berbagai masalah jika tidak ditangani secara baik Sampah-sampah di laut merupakan salah satu sumber pencemaran laut dan sebagai penyebab global berbagai dampak ekologis. sampah anorganik merupakan sampah yang sulit membusuk,seperti botol dan gelas plastik minuman,kertas,kayu dan sebagainya Sampah organik ,sampah yang cepat membusuk,seperti kulit buah-buahan,sayuran,sisa makanan,buah-buahan,daun -daun kering.Sampah organik ini dapat diolah menjadi kompos.Pengomposan dapat dilakukan dengan menggunakan biourine.Tujuan dari pelatihan ini mengetahui bahaya sampah organik dan memanfaatkan sampah organik menjadi kompos dengan bamtuan biourine.Metode yang digunakan adalah sosialisasi bahaya sampah organik,pelatihan dan worshop.Kesipulan dari pelatihan ini dari tanggapan peserta pelatihan mengenai bahan yang digunakan dalam pelatihan banyak tersedia di lingkungan tempat tinggal mereka,terutama bahan EM4,tetapi mereka tidak tahu penggunaannya.Keunggulan pelatihan ini,kompos dari sampah organik dengan bantuan biourine dapat mempercepat pertumbuhan tanaman dan juga pupuk ini ramah lingkungan.Namun pupuk ini memiliki kekurangan yaitu proses pembuatanya membutuhkan waktu yang lama.

Keywords

Kompos; Biourine; EM4

Full Text:

PDF

References

E. Novita, A. Fathurrohman, and H. A. Pradana, “Pemanfaatan Kompos Blok Limbah Kulit Kopi sebagai Media Tanam ( the Utilization of Coffee Pulp and Coffee Husk Compost Block as Growing Media ),” J. AGROTEK, vol. 2, no. 2, pp. 61–72, 2018.

BPPT, Data Status Lingkungan Hidup Daerah Sumatera Barat Tahun 2015. Sumatera Barat: BPPT, 2015.

N. Yanqoritha, “Optimasi aktivator dalam pembuatan kompos organik dari limbah kakao,” Mektek, vol. 15, no. 2, pp. 103–108, 2013.

K. Mahmuda, Salundik, and P. D. M. H. Karti, “Penggunaan Mikroorganisme Lokal dari Berbagai Formula terhadap Kualitas Biourine Kambing Terfortifikasi,” J. Ilmu Produksi Dan Teknol. Has. Peternak., vol. 8, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: 10.29244/jipthp.8.1.1-7.

A. Meriatna, M., Suryati, S., & Fahri, “Pengaruh Waktu Fermentasi dan Volume Bio Aktivator EM4 (Effective Microorganisme) pada Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Limbah Buah-Buahan,” J. Teknol. Kim. Unimal, vol. 7, no. 1, pp. 13-29., 2019.

S. Aisyah, R. S. S. Aisyah, and I. E. Wijayanti, “Learning the Selvo E-Module To Stimulate Critical Thinking Skills Students,” JCER J. …, vol. 3, no. 1, pp. 29–34, 2019.

S. Hadisuwito, Membuat Pupuk Kompos Cair. Jakarta.: AgroMedia., 2007.

R. Samekto, Pupuk Kandang. Yogyakarta.: PT. Citra Aji Parama., 2006.

M. M. Sutedjo, Pupuk dan Cara Pemupukan. Jakarta.: PT. Rineka Cipta., 1999.

AZ.Nasution, Hukum Perlindungan Konsumen Di Indonesia. bandung: PT.Citra Aditya Bakti., 2014.

A. I. Setiawan, Memanfaatkan Kotoran Ternak. Jakarta.: Penebar Swadaya, 2007.

P. B. Utomo and J. Nurdiana, “Evaluasi Pembuatan Kompos Organik Dengan Menggunakan Metode Hot Composting,” J. Teknol. Lingkung., vol. 2, no. 1, pp. 28–32, 2018.

Nurtitayani. Raihan S, “Pengaruh pemberian bahan organik terhadap N dan P tersedia tanah serta hasil beberapa varietas jagung di lahan pasang surut Sulfat masam.,” Agrivita., vol. 2, no. 3, pp. 13–19, 2002.

Mukarlina. Lusiana, Linda R, “Respon pertumbuhan stek batang sirih merah setelah direndam dalam urin sapi.,” J. Protobiont, vol. 2, no. 2, pp. 157–160, 2013.

A. Sungguh, Kamus Lengkap Biologi. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1993.

S. S. Indriani F, Sutrisno E, “Studi Pengaruh Penambahan Limbah Ikan pada proses Pembuatan Pupuk Cair dari Urin Sapi terhadap Kandungan Unsur Hara Makro (CNPK).,” J. Pupuk Organik Cair, vol. 1, no. 1, pp. 139-144., 2013.

Gunawan, Kusmiadi, and Prasetiyono, “Studi Pemanfaatan Sampah Organik Sayuran Sawi (Brassica juncea L.) dan Limbah Rajungan (Portunus pelagicus) Untuk Pembuatan Kompos Organik Cair,” J. Pertan. Dan Lingkung., vol. 8, no. 1, pp. 37–47, 2015.

U. Suriawiria, Mikrobiologi Air dan Dasar-Dasar Pengolahan Buangan Secara Biologis. Bandung: PT. Alumni. Bandung., 2003.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.