STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH FREKUENSI GELOMBANG DAN DIAMETER KAWAT GENERATOR DC TERHADAP DAYA BANGKITAN MODEL MEKANISME PLTGL TIPE APUNG

Miftahul Ulum, Ardi Noerpamoengkas

Abstract


Indonesia adalah negara maritim yang kaya akan sumber daya laut, lautan Indonesia terbentang luas dan memiliki potensi sumber daya energi terbarukan yang mumpuni dalam segi pemanfaatan energi gelombang laut. Dinegara maju sudah banyak pengamplikasian model pembangkit listrik dengan memanfaatkan gelombang laut diantaranya Canada, Portugal dan Amerika utara. Untuk itu pada penelitian ini akan di lakukan pemodelan prototipe mekanisme pembangkit listrik tenaga gelombang laut dengan model mekanisme apung, diharapkan penelitian ini berguna untuk pengembangan model-model alat konversi energi gelombang laut yang dapat diaplikasikan dilautan Indonesia kedepannya. Metode yang akan digunakan adalah metode eksperimen dengan alat bantu kolam prototipe skala laboratorium, dengan variasi yang digunakan pada mekanisme adalah frekuensi gelombang dan diameter kawat pada generator DC. Besar variasi pada gelombang adalah 0.8, 1, dan 1.4 Hz, sedangkan diameter kawat 0.6, 0.7, dan 0.8 mm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan daya bangkitan energi listrik dalam volt. Hasil dari penelitian ini didapat hasil terbesar pada variasi frekuensi gelombang ialah 0.05526 volt pada frekuensi 1.4 Hz. Begitu pula dengan variasi diameter kawat dimana daya tertinggi pada kawat diameter 0.6 mm.


Full Text:

PDF

References


A. Kadar, “Pengelolaan Kemaritiman Menuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.” Accessed: Jan. 27, 2021. [Online]. Available: http://www.theglobal-review.

D. Dunnett and J. Wallace, “Electricity generation from wave power in Canada,” Renew. Energy, vol. 34, 2009.

M. P. Kazmierkowski and M. Jasi?ski, “Power electronics for renewable sea wave energy,” Proc. Int. Conf. Optim. Electr. Electron. Equipment, OPTIM, pp. 4–9, 2010, doi: 10.1109/OPTIM.2010.5510476.

G. Dalton, R. Alcorn, and T. Lewis, “Case study feasibility analysis of the Pelamis wave energy convertor in Ireland, Portugal and North America,” Renew. Energy, vol. 35, 2010.

Y. Pamungkas et al., “Study Eksperimental Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Metode Mekanis Apung Menggunakan Sistem Transmisi Sproket dan Variasi Panjang Lengan.”

M. Ulum, “Studi Experimental Energi Bangkitan Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Model Pelampung,” IPTEK, vol. 22, pp. 29 – 36, 2018, doi: https://dx.doi.org/10.31284%0b/j.iptek.2018.v22i1.231.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jmesi.2021.v1i1.1758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.