Aplikasi Pembayaran dan Perizinan Santri Ponpes Assalafi Al Fithrah Surabaya Berbasis Web

Rachman Arief

Abstract


Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah yang berlokasi di Kota Surabaya semakin dikenal oleh masyarakat luas. Namun, di pondok pesantren ini masih menggunakan sistem pengelolaan data pembayaran syahriyah atau biaya pendidikan bulanan dan perizinan siswa yang ada sekarang ini masih dilakukan secara manual. Pada umumnya, sistem informasi secara manual memiliki kelemahan. Oleh karna itu, dibutuhkan aplikasi pembayaran syahriyah atau biaya pendidikan berbasis web di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah ini yang dibuat untuk membantu pekerjaan karyawan atau staf yang bersangkutan dalam pengelolahan data pembayaran dan perizinan. Selain itu, untuk memberikan informasi kepada orang tua/wali siswa, laporan dan bukti kuitansi pembayaran sekolah setiap bulannya diberikan. Antarmuka aplikasi ini dibuat menggunakan pemrograman PHP dan untuk penyimpanan datanya adalah MySQL.


Keywords


Pembayaran; Perizinan; Santri; Web

References


"Profil," Pondok Pesantren Assalafi AL Fithrah.

"UU 23-1999::Bank Indonesia." [Online]. Available: http://ngada.org/uu23-1999bt.htm. [Accessed: 23-Apr-2018].

A. Kadir, Dasar Pemrograman Web dengan ASP. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2005.

"PHP," Wikipedia. 26-May-2018.

"MySQL :: About MySQL." [Online]. Available: https://www.mysql.com/about/. [Accessed: 29-May-2018].

"What is a Conceptual Data Model? - Definition from Techopedia," Techopedia.com. [Online]. Available: https://www.techopedia.com/definition/28026/conceptual-data-model. [Accessed: 24-May-2018].

"System Context Diagram: Description & Examples - Video & Lesson Transcript," Study.com. [Online]. Available: http://study.com/academy/lesson/system-context-diagram-description- examples.html. [Accessed: 25-May-2018].




DOI: https://doi.org/10.31284/j.iptek.2018.v22i1.241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.