Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan Keluarga Harapan Dengan Metode Simple Aditive Waiting

Amat Adib, Budanis Dwi Meilani

Abstract

Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang merupakan salah satu wilayah yang penerima bantuan dari Program Keluarga Harapan. Untuk meningkatkan transparansi dalam penyaluran bantuan pemerintah, maka perlu dilakukan pendataan yang bersifat objektif maka diperlukan sebuah sistem yang mampu memberikan pertimbangan keputusan untuk menentukan data penerima bantuan berdasarkan parameter yang sudah ditentukan. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini Simple Additive Weighting (SAW) adalah salah satu metode yang digunakan dalam proses pengambilan suatu keputusan. Konsep SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat dibandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Langkah awal dengan menentukan bobot pada setiap kriteria yang terdiri dari kategori pendidikan dan kesehatan, pendapatan selama satu bulan, sumber air yang digunakan, jenis lantai, jenis dinding, jumlah kendaraan, transportasi untuk kerja, dan pengeluaran selama satu bulan. Hasil dari uji coba sistem sebanyak 30 kali dari percobaan, maka dihasilkan 26 percobaan sesuai dan 4 percobaan tidak sesuai, maka dihasillkan 86,6 %.
Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Program Keluarga Harapan.

Full Text:

download

References

Kementrian Sosial Republik Indonesia. “Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan.”, 2021, https://kemensos.go.id/uploads/topics/16202973084877.pdf

Badan Pusat Statistik Kab. Batang, 2021. “Kabupaten Batang Dalam Angka”. Kabupaten Batang: BPS Kabupaten Batang.

Turban, E., Sharda, R., & Delen, D. (2011). Decision Support and Business Intelligence Systems 9th Editon. Pearson Education Inc.

Marpaung, N., Handayani, M., & Yesputra, R. (2018). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik dengan Metode Weighted Product (WP) pada STMIK Royal. JURTEKSI, 267-270.

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT.

Prestasi Putakaraya

Agus Mulyanto. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar

Roth, R. M., Wixom, B. H., & Dennis, A. (2012). System Analysis and Design, Fifth Edition. New Jersey: John Wiley & Sons.

Deni Mahdiana.,2011. Analisa Dan Rancangan Sistem Informasi Pengadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus Pt. Liga Indonesia. Jurnal Telematika Mkom, Volume 3, No . 26 Oktober 2017.

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Kroenke, D. M., & Auer, D. J. (2012). Database Processing: Fundamentals, Design, and Implementation. Harlow: Pearson Education Limited.

Adhar, D. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Jabatan Karyawan pada PT. Ayn dengan Metode Profile Matching. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 16-29.

Simatupang, J. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik menggunakan Metode SAW pada AMIK Mahaputra Riau. Jurnal Intra Tech, 73-82.