Rancang Bangun Aplikasi Checklist Inspeksi Rutin Gedung Terminal Menggunakan Smartphone Berbasis Android Di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta

Ahmad Musadek, Ranatika Purwayudhaningsari, Fryda Frelia Rahma

Abstract

Gedung Terminal Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta adalah salah satu area penting yang dapat mempengaruhi pelayanan kenyamanan dan keselamatan penumpang. Setelah perluasan pada tahun 2019, Gedung Terminal memiliki luas 33.351 m2 sehingga perlu dilakukan pengawasan atau inspeksi secara efektif dan memerlukan pelaporan checklist kerusakan dengan cepat untuk mengimbangi kebutuhan, kemajuan dan kecanggihan teknologi di era globalisasi. Kondisi eksisting di lapangan saat ini kegiatan checklist inspeksi rutin terminal menggunakan sistem pelaporan berbasis website yang dalam pengoperasiannya dinilai kurang praktis dan kurang fleksibel. Dalam pelaporan kerusakan dan progress tindak lanjut dari pelaporan kerusakan masih dilakukan secara manual. Untuk itu pembuatan aplikasi checklist inspeksi rutin gedung terminal berbasis android diharapkan dapat mempercepat pelaporan hasil inspeksi.

Metode penelitian dalam rancang bangun aplikasi ini menggunakan metode prototype evolusioner. Metode prototype evolusioner dapat memberikan sistem atau pemrograman untuk menyajikan gambaran yang lengkap. Metode ini digunakan untuk mengurangi resiko seperti kemunculan error pada hal-hal yang terlewatkan dalam persyaratan.

Aplikasi checklist inspeksi rutin gedung terminal memiliki 2 akun pengguna yaitu akun sebagai admin yang berfungsi untuk mengelola sekaligus bertanggung jawab atas kendali data dalam aplikasi dan akun sebagai user yang berfungsi memberikan laporan hasil checklist inspeksi rutin gedung terminal yang benar dan sesuai dengan kondisi lapangan sesungguhnya. Admin yaitu pihak SOC.TF (Unit Airport Facilities Manager). Sedangkan, user yaitu ACT (Airport Civil Technician). Hasil output aplikasi ini berupa file excel hasil inspeksi yang dapat dikelola kembali oleh admin.

Full Text:

download

References

Anonim. (1984). Glossary of Maintenance Management Terms in Terotechnology. British Standards Institute. London : HMSO.

Arifianto, Teguh. (2011). Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Yogyakarta: Andi Publisher.

Chanter B. (1996). Building Maintenance Management. Australia: Blackwell Science.

Dhanta., Sanjaya. 2015. Materi Pembelajaran Pembuatan Aplikasi dan Web. Yogyakarta: Amikom.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara. (1999). Keputusan SKEP 347/XII/1999 tentang Standar Rancang Bangun dan/atau Rekayasa Fasilitas dan Peralatan Bandar Udara.

International Civil Aviation Organization. (2009). Annex 14, Aerodromes, Fifth Edition, Montreal, Canada.

Kementerian Pekerjaan Umum. (2008). Peraturan Menteri No: 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung.

Kementrian Pekerjaan Umum. (2010). Peraturan Menteri No: 16/PRT/M/2010 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Berkala Bangunan Gedung

Murtadho, Muhammad., Tolle, Herman., dan Kharisma, Agi Putra. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Geotagging Kerusakan Jalan Berbasis Laporan Sosial pada Platform Android. Malang: Universitas Brawijaya.

Maulidiansyah, Rinaldy., Rakhman, Deny Fauzy., dan Ramdhani, Muhammad Ali. (2017). Aplikasi Pelaporan Kerusakan Jalan Tol Menggunakan Layanan Web Service Berbasis Android. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Pressman, RS. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.

Safaat H, Nazruddin. (2011). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung: INFORMATIKA.

Safaat H, Nazruddin. (2015). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung: INFORMATIKA.

Silitonga, Bestly. (2018). Studi Pemeliharaan Gedung Terminal dan Runway Bandar Udara Internasional. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Undang-Undang RI Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Whitten, J.L., Dittman, K.C., dan Bentley, L.D. 2007. Metode Desain dan Analisa Sistem. Yogyakarta: Andi Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.