Analisis Kualitas Layanan Website Lazada Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode WebQual

Nindy Apsari

Abstract

Penelitian ini mencoba melakukan analisis terhadap kualitas layanan website retail Lazada dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna website. Lazada dapat memberikan layanan kepada masyarakat dalam bentuk kemudahan ketika melakukan pencarian produk yang diinginkan. Namun, masih banyak juga pengguna yang merasakan kurangnya informasi yang akurat dari website ini. Melalui pendekatan WebQual 4.0 yang merupakan salah satu teknik pengukuran kualitas website, penilaian akan difokuskan pada tiga dimensi utama yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif, pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada pengguna website. Setelah itu, data yang didapat akan dianalisa menggunakan analisa kuantitatif. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS untuk dilakukan uji validitas dan reliabilitasnya. Karena menitikberatkan pada persepsi mutu layanan website, maka diharapkan hasil penelitian ini mampu untuk dijadikan umpan balik dalam peningkatan kualitas website Lazada di masa mendatang.

 

Full Text:

Download

References

Ariani, Dorothea Wahyu, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas). Yogyakarta: Andi Ofset. 2004

Agung, Gregorius. “Tips & Trik Membuat Efek Spesial Website dengan Dreamweaver 4”. Elex Media Komputindo, Jakarta: 2000

Hidayat, Rahmat. Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2004

Manik, Agnes, Salamah, Irma, dkk. Metode WebQual 4.0 untuk Evaluasi Kualitas Website Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang: Prosiding SNATIF Ke-4. 2007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.