Sistem Monitoring Kecepatan Motor dan Tekanan pada Saluran Air Berbasis Internet of Things (IoT)

Nasyith Hananur Rohiem, Novian Patria Uman Putra

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi sekarang ini adalah tekanan air yang menurun pada saluran air saat beberapa kran dibuka sehingga hal itu menyebabkan pengisian air yang cukup lama. Agar tekanan pada pipa konstan, maka solusi dari masalah ini yaitu diperlukan suatu sistem pompa air untuk mengatasi tekanan air yang menurun ketika jumlah keran yang dibuka bervariasi yang dapat dimonitoring dari jarak jauh pada sistem instalasi air. Pada Tugas Akhir ini dirancang sebuah sistem untuk mengatur tekanan pompa air pada saluran pipa air dengan menggunakan tiga valve berbasis Internet of Things (IoT). Parameter tekanan dibaca menggunakan sensor tekanan yang keluarannya diolah dan dikalibrasi menggunakan arduino uno. Hasil keluaran digunakan sebagai parameter untuk mengatur kecepatan pompa. Untuk memonitoring sistem ini menggunakan nodeMCU ESP8266 agar dapat mengirim data ke android. Data dari bagian sensor monitoring dan alat pengontrol akan diproses oleh nodeMCU ESP8266, kemudian data akan dipublikasikan sehingga dapat dipantau menggunakan android. Tampilan pada sistem monitoring ini dibuat pada mit app inventor. Sebelum menyalakan sistem maka diatur set point tekanan minimal, maksimal, dan batas kerja sensor. Ketika tekanan kurang dari set point yang ditentukan, maka kecepatan motor akan terus bertambah. Ketika tekanan tepat pada set point maka kecepatan motor tetap. Ketika tekanan lebih dari set point maka kecepatan motor akan berkurang, dan ketika tekanan melebihi batas kerja sensor maka motor akan mati. Dengan sistem ini maka tekanan pada pipa air minum bisa stabil sesuai kebutuhan.

 

Kata Kunci: Pompa Air, Monitoring, Internet of Things (IoT), Sensor Pressure. Tekanan Stabil

Full Text:

Download

References

Suparno, Ono & Suprihatin, Suprihatin. (2013). Teknologi Proses Pengolahan Air untuk Mahasiswa dan Praktisi Industri. Rakhmawati, R. (2015). Prototipe Pengaturan Tekanan Air pada Sistem Distribusi Air. MediaTeknika Jurnal Teknologi, 72-82. BIBLIOGRAPHY l 1057

Setiadi, D., & Muhaemin, M. N. (2018). Penerapan Internet of Things (IoT) pada Sistem Monitoring Irigasi (Smart Irigasi).

Sasmoko, Dani. (2020). Sistem Monitoring aliran air dan Penyiraman Otomatis Pada Rumah Kaca Berbasis IoT dengan Esp8266 dan Blynk. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. 4. 1. 10.22373/crc.v4i1.6128.

Tanuatmadja, Regan & Wijono, F.X.. (2018). Perancangan Sistem Monitoring dan Controlling Pompa Air secara Wireless Berbasis Android. TESLA: Jurnal Teknik Elektro. 19. 124. 10.24912/tesla.v19i2.2695.

Triyono, B., et al. (2021). "Electrical Motor Interference Monitoring Based On Current Characteristics." Journal of Physics: Conference Series 1845(1): 012044.

Wibowo, I. (2017). Sistem Pemantau Ketinggian Air Nirkabel. TELEKONTRAN, 49-53.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.