ALTERNATIF DESAIN PRODUK DARI SAMPAH TONGKOL JAGUNG DILIHAT DARI JENIS TONGKOLNYA (Dalam Upaya Pengendalian Pencemaran Lingkungan)

Faza Wahmuda, Anastasia Prasilia Wangge

Abstract


Upaya pencegahan untuk menekan bertambahnya jumlah sampah salah satunya yaitu dengan menerapkan konsep pemanfaatan sampah menjadi produk (waste to product). Sampah tongkol jagung hanya dimanfaatkan untuk bahan bakar memasak dan pakan ternak. Oleh karena itu perlu untuk dikaji lebih dalam terkait potensi sampah tongkol jagung untuk dikembangkan dalam hal mengurangi sampah, inovasi pengembangan produk dan memiliki nilai ekonomi produk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif, yaitu membuat uraian sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta serta sifat obyek penelitian yang dilanjutkan dengan kajian komparatif untuk memahami keterkaitan diantara fakta yang ada. Penelitian yang dilakukan berupa eksperimen, memberikan rekomendasi alternatif produk baru dari produk kerajinan yang sebelumnya. Sehingga mempunyai kontribusi bagi kemungkinan pengembangan khasanah kajian dalam disiplin ilmu desain produk dapat dirumuskan sebagai sebagai referensi dan inspirasi positif bagi kemungkinan pengaggasan akan hadirnya pemanfaatan sampah tongkol jagung sebagai bahan pengembangan produk dengan mengangkat tema green product melalui konsep reuse. Luaran penelitian ini merupakan bagian dari roadmap peneliti tentang pemanfaatan sampah/limbah sebagai bahan alternatif produk yang nantinya akan dilanjutkan pada penelitian yang lebih tinggi seperti hibah strategi nasional, foundamental, maupun hibah yang lain. Sehingga pada akhirnya nanti akan didapat sebuah peta strategi desain kreatif berwawasan lingkungan, dimana secara tidak langsung hal ini mendukung roadmap Indonesia dalam industri kreatif 2025 yang sudah dicanangkan Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Perdagangan, Perindustrian dan Industri Kreatif dan juga sebagai penerapan program sistem manajemen lingkungan, ekolabel, produksi bersih, dan teknologi berwawasan lingkungan, yang tertuang dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 31 tahun 2009 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penerapan Sistem Manajemen Lingkungan, Ekolabel, Produksi Bersih dan Teknologi Berwawasan Lingkungan di Daerah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan diantaranya : pertama, sampah tongkol jagung yang ada di lingkungan sekitar kita dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku produk kerajinan mulai yang sederhana hingga yang memiliki nilai jual tinggi. Kedua, eksperimen yang telah dilakukan, memberikan rekomendasi alternatif produk baru dari produk kerajinan yang sebelumnya. Inovasi alternatif produk ini akan dilanjutkan pada tahap proses pengembangan desain produk dengan memanfaatkan tongkol jagung sebagai bahan baku produk dengan harapan dapat memanfaatkan lebih maksimal tentang bagaimana mengolah bentuk yang sedemikian rupa menjadi sebuah produk yang bermanfaat dari segi kebutuhan masyarakat, nilai estetis dan menjadi program pengendalian pencemaran lingkungan.

Keywords


desain produk; pemanfaatan; sampah; tongkol jagung; pencemaran; lingkungan

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2003. Buku Statistik Peternakan, Direktorat Jenderal Peternakan, Jakarta

Anonim, 2007. Rancang Bangun Laboratorium Agribisnis Desa Klampok, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. hlm. 318-344. Dalam Rancang Bangun Prima Tani Jawa Timur. Terbitan Khusus Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur No. 1-2007.

Anonim, 2012. Tabel Luas Panen- Produktivitas- Produksi Tanaman Jagung Provinsi Indonesia, BPS, http://www.bps.go.id/index.php.

Bishop, P.L. 2000. Pollution Prevention: Fundamentals and Practice. McGraw-Hill. Singapura

Crawford, C.M dan Benedetto, C.A.D. 2003. New Products Management. 7th Edition, McGraw-Hill, New York.

Hadisoegondo, S. 2010. Pengembangan Produk UMKM. Kementrian Koperasi dan UKMK, Jakarta Indonesia.

Hidayat, Moch Junaidi. 2008. Pengembangan Produk Berbahan Sisa Cangkang Kerang Hijau. Program Magister Desain Institut Teknologi Bandung.

Lachke, .A. 2002 "Biofuel from D-xylose, the second most abudant sugar" Laboratory National Chemical Pune.

Murtadho, D dan Said, E.G. 1988. Penanganan Dan Pemanfaatan Limbah Padat. Penerbit PT. Melton Putra Jakarta.

Nisandi, 2007. Pengolahan dan Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Briket Arang dan Asap Cair. Seminar Nasional Teknologi 2007 (SNT 2007) Yogyakarta, 24 November 2007.

Pranowo, G. 2009. Makalah Tentang Limbah Padat. Jurusan Matematika Ilmu Komputer Fakultas Sains Terapan. Institut Sains & Teknologi Akprind. Yogyakarta.

Prasetyo, L.H. dan Ketaren, P.P. 2002. Pengaruh Pemberian Pakan Terbatas Terhadap Produktivitas Itik Silang Mojosari x Alabio (MA): 2. Masa Bertelur Fase Kedua Umur 44-67 Minggu. Balai Penelitian Ternak. Bogor.

Purwanto. 2011. Pendekatan bisnis dalam pengelolaan limbah industry. Program Magister Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro.

Richana N dan Suarni. 2004. Teknologi Pengolahan Jagung. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen. Bogor

Sudaryono, T., Suhardjo, T. Siniati, D, Setyorini, A, Krismawati, dan Monawi. 2006. Laporan Hasil Participatory Rural Appraisal (PRA) Prima Tani Kabupaten Probolinggo, Desa Klampok, Kecamatan Tongas. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur, Malang. hlm.12.

Suprihatin dan Agung, 1999, Sampah dan Pengelolaannya, Buku Panduan Pendidikan dan latihan, PPPGT/VEDC, Malang

Suryani, A.M. 2009. Pemanfaatan Tongkol Jagung Untuk Pembuatan Arang Aktif Sebagai Adsorben Pemurnian Minyak Goreng Bekas. Artikel Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam. Institut Pertanian Bogor.

Stern. 2006. Review on the economics of climate change.

Ulrich, KT dan Eppinger, SD. 2001. Perancangan & Pengembangan Produk. Penerbit: Salemba Empat. Jakarta.

Wahmuda, 2012 Pemanfaatan limbah tongkol jagung sebagai alternatif pengembangan produk sederhana dalam upaya pengurangan pencemaran lingkungan. Program Magister Teknik Lingkungan, ITATS, Surabaya

www.astrycraft.files.wordpress.com

www.bisnisukm.com/kerajinan-limbah-bonggol-jagung.html

www.ciras.iastate.edu/iof

www.data.tribunnews.com

www.sme.marketing.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.