PENDAMPINGAN PEMASARAN INDUSTRI SEPATU DI SRUNI SIDOARJO

Suparjo Suparjo, Randy Pratama Salisnanda

Abstract


Mitra 1 GAGO dan Mitra 2 LAZER 2000 mengenalkan produk ke pasaran hanya mengandalkan penjualan produk oleh distributor yang melakukan pemesanan barang ke mereka, otomatis merk yang beredar bukanlah merk dari pengrajin sendiri, tetapi merk dari distributor. Tak jarang produk mitra diminati oleh konsumen, namun karena merk dari distributor, sehingga pengrajin sendiri tidak akan pernah dikenal oleh masyarakat. Selain itu minimnya tenaga kerja yang terampil menjadi kendala yang cukup serius bagi UKM, tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membantu dan merumuskan strategi pemasaran sepatu sehingga menjadi dasar bagi pemilik UKM untuk mengembangkan usahanya dengan lebih baik, proses perumusan strategi melalui tiga tahap yaitu pengumpulan data , analisis dan pengambilan keputusan.pada pengumpulan data dilakukan identifikasi faktoe EFAS dan IFAS, selanjutnya dilakukan strategi perumusan dengan mengunakan strategi matrik SWOT. Tahap terakhir dengan tahap pengambilan keputusan dengan prioritas strategi yang harus dilakukan UKM adalah stategi agresif dengan menjalankan: Penataan manajemen usaha untuk memperoleh modal dari pemerintah/investor, Memanfaatkan Pelatihan dan Pameran yang difasilitasi Pemerintah, mengingat usaha ini banyak menyerap tenaga kerja dan ramah lingungan, Berusaha mengembangkan wilayah pemasaran sepatu di luar Sidoarjo baik di luar pulau maupun di Luar negri, Mendorong Pemerintah mencarikan mitra usaha terutama untuk pemasaran.karena produk memiliki serapan dan nilai jual tinggi.

Keywords


Pemasaran, Daya Saing, UKM

Full Text:

PDF

References


Berry,A. E. Rodrigues and H. Sandee, 2001, Firm and Group Dynamic in the small and Medium Enterprise sector in Indonesia, the International Bank for Reconstruction and Development, The World Bank Washington DC.

David,Fred R. Manajemen Strategi Konsep. Edisi 12 Buku 1, Jakarta: Salemba empat

Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran, Edisi 1, Jakarta : Gramedia

Prigandana , Faris wahyu, 2012. Analisis Positioning Bisnis Indomaret. Program Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT dan Teknik Bedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.