PERANCANGAN MESIN SECARA ERGONOMI UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS PRODUKSI di UKM MEBEL

Jaka Purnama, Abdul Haris H A

Abstract


Industri mebel yang berada di daerah Sidoarjo mempunyai andil yang sangat besar dalam melayani kebutuhan masyarakat Sidoarjo dan kota-kota besar sekitarnya. Pemanfaat teknologi pertukangan kayu banyak menggunakan mesin-mesin dengan teknologi yang lebih menyesuaikan dengan kebutuhan. Pada saat ini perkembangan teknik pertukangan kayu diharapkan menghasilkan produk-produk yang berkualitas, maka perlu dilakukan suatu proses kerja yang tepat dan efektif. Bidang sektor industri mebel juga tidak ketinggalan dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi peralatan mesin yang sudah ada. Peralatan mesin mebel tersebut banyak digunakan di Usaha Kecil & Menengah. Kegiatan UKM dilakukan dengan menggunaka nalat yang awalnya dengan alat manual dan sederhana, sekarang digantikan dengan alat dengan mesin sehingga dihasilkan perubahan terhadap kecepatan kerja dengan hasil rata-rata selisih waktu kerja dengan mesin baru adalah waktu mengebor 4%, waktu pemosisian mata bor 34%, waktu setup 10% dan waktu perpindahan 9%. Tercapainya efisiensi dan efektifitas kerja, maka berdampak terhadap keuntungan UKM akan menjadi lebih banyak dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik dan memberikan kepuasan pelanggan. Kegiatan pelatihan dapat memberikan kemampuan ketrampilan/skill yang lebih tinggi dan mampu mengatur usaha bisnis mebel berkelanjutan lebih baik dan lebih besar dengan jumlah omset yang lebih banyak.

Keywords


Mebel, Manual, Mesin

Full Text:

PDF

References


Bouthroryd, Geoffrey, Fundamental of Metal Machining and Machining Tool, Singapore; B&Jo Enterprise. PT ELTD,S’pore, 1981.

Hari Purnomo, Antropometri dan Aplikasinya, Edisi Pertama, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003.

Jaka Purnama, Bambang Setyono, Hanif Amrullah, Perancangan Mesin Bor Magnet Pendekatan Ergonomi Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi, Prosiding Seminar, STIKUBANK, Semarang, 2015.

Krar dkk, Machine Tool Operation, United Sates of America, Mc Graw Hill, Inch, 1983.

Nurmianto, Eko, Ergonomi, Konsep Dasar Dan Aplikasinya, Edisi pertama, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Penerbit Guna Widya, Surabaya, 2004.

Serope Kalpakjian and Steven R. Schamid, Manufacturing Engineering and Technology, Fourth Edition, 2001.

Sri Gunani, A. Pawennari, Sritomo W.Soebroto. Analisis Ergonomi Terhadap Rancangan Fasilitas Kerja Pada Stasiun Kerja Dibagian Skiving Dengan Antropometri Orang Indonesia, Fakultas Teknologi Industri ITS Surabaya, 2005.

Sutalaksana, Iftikar J., John H. Tjakraatmadja, Ruhana Anggawisastra, Teknik Tata Cara Kerja, Bandung, Departement Teknik Industri – ITB, 1979.

Titik Nurhidayah, Musthofa Luthfi, dan Khoirul Anam Perencanaan Tempat Duduk Traktor Roda Empat Yang Ergonomis Dengan Antropometri Jurusan Keteknikan Pertanian-Fakultas Teknologi Pertanian-Universitas Brawijaya, Malang, 2010.

Wignjosoebroto,Sritomo, Prinsip-Prinsip Perancangan Berbasiskan Dimensi Tubuh (Antropometri) Dan Perancangan Stasiun Kerja, Penerbit Guna Widya. 2000.

Wignjosoebroto,Sritomo. Ergonomi, Studi Gerak dan waktu. Edisi pertama, Surabaya. Penerbit Guna Widya. 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.