ANALISIS PEMANFAATAN KAPUR SEBAGAI BAHAN STABILISASI TANAH LEMPUNG DITINJAU DARI KUAT GESER

Gati Sri Utami, Abdul Haris H A

Abstract

Kuat geser tanah adalah kemampuan tanah untuk menahan gaya-gaya yang menyebabkan kelongsoran, keruntuhan dan pergeseran tanah. Keamanan suatu struktur geoteknik tergantung pada kekuatan tanah, jika tegangan yang bekerja pada tanah lebih besar dari kekuatan yang tersedia maka struktur geoteknis tersebut akan runtuh. Sedangkan parameter untuk mengetahui kuat geser tanah berdasarkan nilai tegangan geser, kohesi dan sudut geser dalam.

Kapur salah satu bahan stabilisasi tanah lempung secara kimiawi, dikarenakan adanya unsur cation Ca2+ pada kapur dapat memberikan ikatan antar partikel yang lebih besar untuk melawan sifat mengembang dan dapat menaikan daya dukung tanah.

Pada penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pemanfaatan kapur sebagai bahan stabilisasi tanah lempung ditinjau dari kuat geser tanah. Tujuannya seberapa besar pengaruh penambahan kapur pada tanah lempung terhadap nilai tegangan geser, kohesi atau sudut geser dalam.

Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan data hasil uji di laboratorium, meliputi uji kepadatan, kuat geser langsung dan kuat tekan bebas.

Hasil penelitian kapur sebagai bahan stabilisasi tanah lempung dapat meningkatkan kepadatan, kuat geser tanah berdasarkan nilai tegangan geser dan kohesi. Pada awalnya tanah lempung termasuk tanah yang sangat lunak (C : 0,116kg/cm2) setelah ditambah kapur menjadi cukup keras (C : 0,373 kg/cm2). Prosentase optimum penambahan kapur supaya menjadikan tanah lempung dalam katagori cukup keras pada prosentase 10%.

Keywords

Kuat geser, Lempung, Kapur, Kohesi, Sudut Geser Dalam

Full Text:

PDF

References

Andrews, oflaherty, warsiti, 2009, Meningkatkan CBR dan Memperkecil Swelling Tanah Sub Grade Dengan Metode Stabilitas Tanah Kapur. (Online), Vol. 14 (1): 38-45.

Fitra, Rony. Shervi, 2009.Stabilisasi Tanah Lempung Dengan Penambahan Pasir dan Kapur.(Online), Fakultas Teknik Universitas Andalas. (http://repository.unand.ac.id/13461/, diakses 8 Maret 2013, 11:31 AM)

Gati Sri Utami, 2014, Clay Soil Stabilisasi With Lime Effek The Value CBR and Swelling, ARPN vol. 9 no.10, Pakistan.

Hary Christady Hardiyatmo, 2010, Stabilisasi Tanah Untuk Perkerasan Jalan Raya, Yokyakarta : Gadjah Mada University Press.

Bowles J.E, 1984, Physical and Geotechmical Properties of Soils, Second Edition, McGraw-Hill, Singapore.

Braja M Das (translate by Mochtar.N.E and Mochtar I.B.), 1995, Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknik), Erlangga, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.