Pelatihan Pembuatan Blog untuk Pengembangan Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan

Vitri Tundjungsari, Suhaeri Suhaeri

Abstract


Weblog atau disebut juga sebagai blog merupakan sarana untuk menuliskan dan menginformasikan aktivitas seseorang maupun organisasi secara online. Blog dapat digunakan institusi pendidikan untuk penyebaran informasi maupun kegiatan belajar-mengajar antara guru dan murid. Pelatihan ini ditujukan untuk para guru dan murid SMK Ristek Jaya dan SMA Muhammadiyah 1 Jakarta guna membantu kegiatan belajar-mengajar sehingga materi pembelajaran dapat diakses dari mana saja. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa seluruh peserta mengalami kenaikan pengetahuan yang signifikan, ditunjukkan dengan hasil post-test yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pre-test. Hasil pelatihan juga menunjukkan bahwa blog berpotensi untuk dijadikan sebagai media pembelajaran di sekolah. Namun demikian, masih perlu diteliti lebih lanjut efektivitas pembelajaran dengan blog.


Keywords


Blog; Pendidikan; Media pembelajaran; Pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Adri, M. (2008). Guru Go Blog: Optimalisasi Blog Untuk Pembelajaran. Padang: Elex Media Komputindo.

Rouse, M. (2007, November). What is blog (weblog) ? Diambil dari https://searchwindevelopment.techtarget.com/definition/blog

Sudrajat, A., & Zulkarnain, Z. (2013). Pengembangan Media Blog Sejarah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas (Laporan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat). Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim APJII. (2016). Buletin APJII, Edisi 05 - November 2016 (hlm. 1–7). Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Diambil dari https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI05November2016.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

e-ISSN : 2620-7745