Iptek bagi Masyarakat Produsen Tempurung Kelapa Desa Murangan

Windha Mega Pradnya, Muhammad Rizkillah, Irton

Abstract


Briket tempurung kelapa wilayah DIY merupakan pangsa pasar potensial bagi perajin arang tempurung kelapa. Briket diperoleh dengan menggiling arang tempurung kelapa kemudian dicetak dan dikeringkan. Salah satu produsen arang yang menjadi mitra adalah Bapak Agus Winarno. Dalam memproduksi arang muncul kendala utama berupa polusi asap hasil pembakaran. Kedala tersebut dapat diatasi dengan menangkap polusi asap diubah  menjadi asap cair sehingga meningkatkan pendapatan serta dapat menghilangkan protes warga sekitar karena polusi asap di udara. Demi kelancaran suplay tempurung  Bapak Agus bekerja sama dengan bapak Slamet Raharjo sebagai pengepul tempurung. Kendala utama yang dialami dalam pengadaan tempurung adalah fluktuasi harga tempurung di pasaran dikarenakan mahalnya kelapa butir.

Luaran dari kegiatan ini diantaranya membangun 2 website e-commerce untuk media promosi dan pemasaran produk untuk kedua mitra. Luaran lainnya adalah membuatkan 1 alat produksi asap cair sebagai pengolah limbah yang dijadikan produk tambahan. Sehingga perkembangan usaha yang diukur dari jumlah aset, omset dan pendapatan meningkat. Adapun metode yang dilaksanakan adalah menganalisis metode pemasaran yang berjalan, mengadakan pelatihan manajemen bisnis dan pemasaran, manajemen keuangan dan operasional website. Hasil akhir dari kegiatan ini secara umum dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Usaha mikro. Dan secara khusus dapat meningkatkan ruang lingkup pemasaran  dengan penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran.


Keywords


e-commerce; kelapa; briket; arang tempurung; asap cair

Full Text:

PDF

References


Jogiyanto, HM. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstuktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis.

Dwi Prasetyo, Didik. 2003. Tip dan Trik Kolaborasi PHP & MySQL untuk Membuat Web Database yang Interaktif. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Triyanto Widodo, Hg. Suseno dan Firma Sulistiyowati, Dionysius Desembriarto. 2005. Reposisi usaha mikro, kecil, dan menengah dalam perekonomian nasional. Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Mardiyanto, Handono. Inti Sari Manajemen Keuangan. Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)