PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

nia saurina

Abstract


Media pembelajaran untuk anak usia dini merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengenalkan tema-tema sebagai bahan ajaran atau yang sering disebut dengan kurikulum untuk anak usia dini. Semakin banyak alat indra yang terlibat dalam proses belajar maka semakin besar kemungkinan anak paham pada materi yang disampaikan oleh pengajar atau guru. Untuk saat ini media pembelajaran masih menggunakan metode tatap muka atau buku. Sedangkan anak usia dini gampang bosan dan lebih tertarik dengan hal baru. Untuk itu peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran yang digunakan untuk mengenalkan binatang menggunakan Augmented Reality (AR), sehingga anak dapat mengetahui lingkungan hidup dan makanan yang dibutuhkan oleh binatang yang diperkenalkan tersebut. Penelitian ini mengajak anak-anak KBIT Wildani 2 Surabaya sebagai responden hasil uji coba aplikasi yang telah dibangun. Hasil uji coba menjelaskan bahwa 93% anak dapat mengenali objek binatang dari lingkungan hidupnya, sebesar 96,7 % menyatakan anak dapat menyebutkan lingkungan tempat hidup binatang dari objek yang ditampilkan, sebesar 93,3% menyatakan anak lebih tertarik menggunakan AR daripada menggunakan Alat Peraga Edukasi (APE) dan sebesar 96,7% menyatakan anak dapat menyebutkan ciri-ciri binatang dengan memilih salah satu bagian tubuh dari binatang yang dipilih, dengan tujuan agar objek dapat mengeluarkan suara dan menyebutkan nama bagian tubuh yang dipilih.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Pengenalan Binatang, Augmented Reality


References


Ruth Olmstead. 2010. Use of Auditory and Visual Stimulation to Improve Cognitive Abilities in Learning-Disabled Children. Journal of Neurotherapy, 9: 2, 49 — 61pp. DOI: 10.1300/J184v09n02_04.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI). 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Piaget, J. and Inhelder, B. 1969. The Psychology of the Child. New York: Basic Books.

Nixon D, Aldwinckle M. 2003. Exploring: Child Development from three to six years 2nd edition. Social Science Press, Katoomba.

Boud, A. C., Haniff, D. J., Baber, C., & Steiner, S. J. 1999. Virtual reality and augmented reality as a training tool for assembly tasks. In Information Visualization, Proceedings. 1999 IEEE International Conference on, 1999 1999 (pp. 32-36). doi:10.1109/iv.1999.781532.

Milgram, P., Kishino, F. 1994. Augmented Reality: A Class of Displays on the Reality-virtuality Continuum. In: SPIE Proceeding Telemanipulator and Telepresence Technologies, vol. 2351.

Barfield, W., Mann, S., Bair, K., Gemperle, F., Kasabach, C., Stivoric, J., Bauer, M., Martin, R. & Cho, Gilson. 2001. Computational Clothing and Accessories. In Fundamentals of Wearable Computers and Augmented Reality (eds. W. Barfield & T. Caudell), Mahwan, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Alach, H. 2003. Furry, feathered, finned or feral: Pets in early childhood settings. The First Years: Na Tau Tuatahi. New Zealand Journal of Infant and Toddler Education, 5(1), 25–27.

M. Hincaoie., A. Caponio., H. Rios., and E. G. Mendivil, "An Introduction to Augmented Reality with Applications in Aeronautical Maintenance," in ICTON 2011, 2012.

Hsieh, M.-C., & Lee, J.-S. 2008. AR Marker Capacity Increasing for Kindergarten English Learning. Proceedings of the International MultiConference of Engineers and Computer Scientists IMECS 2008 Hong Kong, Vol. I.

Azfar Bin Tomia, Dayang Rohaya Awang Rambli. 2013. An Interactive Mobile Augmented Reality Magical Playbook: Learning Number With The Thirsty Crow. International Conference on Virtual and Augmented Reality in Education. Procedia Computer Science.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal IPTEK · Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)