OPTIMASI RESPON GERAKAN KAPAL IKAN CATAMARAN TERHADAP GELOMBANG REGULLER

Romadhoni Romadhoni

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui performa olah gerak kapal ikan tipe katamaran, melalui respons kapal terhadap gelombang beam sea, following sea dan head sea yang menimbulkan gerakan osilasi dalam 6 derajat kebebasan. Kapal yang dijadikan sebagai  model adalah kapal hasil optimisasi kapal pembanding dengan ukuran utama LBP 16,0 m; B 6,0 m; H 4,0 m dan T 1,5 m. Kapal dimodelkan dengan menggunakan program Maxsurf, kemudian model dianalisa dengan menggunakan Seakeeper untuk mengetahui RAO kapal seperti heaving, rolling, dan pitching. Data input seperti kecepatan kapal, sudut heading dan tipe spektrum gelombang dimasukkan untuk dapat menampilkan informasi respons kapal. Besar RAO  untuk gerak heave maksimum terjadi pada kecepatan 14 knot arah 180° dengan nilai RAO sebesar 3,389 m/m pada frekuensi 0,41 rad/s, nilai roll maksimum terjadi sudut datang gelombang 135° saat kecepatan kapal 0/ms dengan nilai RAO 1,34 deg/m pada frekuensi 1,67 rad/s, sedangkan nilai roll minimum terjadi pada kecepatan 14 knot dengan sudut datang 135o nilai RAO 2.096 deg/m. pada fekuensi 1.11 rad/s dan ilai pith maksimum terjadi pada kecepatan kapal 14 knot dengan sudut datang 180o nilai RAO 5.66 deg/m. pada fekuensi 1.27 rad/s. Dari hasil penelitian dapat disimpulkankapal ikan jenis katamaran ini memiliki performa yang baik saat beroperasi dilaut.


References


. Bhattacharyya, R. (1978), Dynamics Of Marine Vehicles, John Wiley & Sons, New York.

. Djatmiko, E.B. 2012.”Perilaku dan Operabilitas Bangunan Laut di Atas Gelombang Acak”. ITS-Press. Surabaya. Inonesia.

. Lewis, V.E. (1998), Principles of Naval Architecture Second Revision, Volume II • Resistance, Propulsion and Vibration The Society of Naval Architects and Marine Engineers 601 Pavonia Avenue, Jersey City.

. Watson, D.G.M. (1998), Practical Ship Design, Volume I. Oxford, UK, Elsevier Science Ltd.

. Sitepu, G. (1996), Gerak Kapal, Jurusan Teknik Perkapalan, Universitas Hasanuddin, Makssar.

. Mangasi, Hutauruk Ronald dan Pareng Rengi. (2014), Respons Gerakan Kapal Perikanan Hasil Optimisasi Terhadap Gelombang, Jurnal Perikanan Dan Kelautan ISSN 0853-7607.

. Watson, D.G.M. (1998), Practical Ship Design, Volume I. Oxford, UK, Elsevier Science Ltd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal IPTEK · Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)