PENERAPAN KONSEP LINE BALANCING UNTUK MENCAPAI EFISIENSI KERJA YANG OPTIMAL PADA SETIAP STASIUN KERJA PADA PT. HM. SAMPOERNA Tbk

Rony Prabowo

Abstract


Teknik keseimbangan lintasan diperlukan dalam proses produksi, tanpa adanya keseimbangan lintasan dalam stasiun kerja maka proses produksi tidak akan berjalan secara efektif dan efiasien. Dalam proses produksinya PT. HM. Sampoerna Tbk. dihadapkan pada permasalahan keseimbangan lintasan yaitu kurangnya efisiensi pada stasiun kerja, sehingga direncanakan untuk menetukan lintasan produksi yang optimal sehingga pembebanan pada setiap stasiun kerja akan lebih merata dan mengurangi waktu menganggur.


Metode yang digunakan adalah metode pengukuran waktu kerja dengan jam henti (stop watch) dan metode bobot posisi (Method Ranked Positional Weight). Data yang dianalisis adalah waktu yang diperlukan oleh operator untuk menyelesaikan produksi rokok dan jumlah output rate untuk produk rata-rata yang dihasilkan untuk menetapkan waktu siklus ideal. Kemudian kedua data diatas dianalisis dengan menggunakan metode bobot posisi, hingga didapatkan waktu produksi dan efiasiensi lintasan yang optimal serta stasiun kerja yang optimal pula.


Hasil analisis menyatakan bahwa penggunaan metode keseimbangan lintasan, perusahaan dapat mencapai efisiensi lintasan sebesar 68,54% dan mengurangi ketidakseimbangan (balance delay) sebesar 42,02% dari 73,48% menjadi 31,46% Dan target produksi sebanyak 240box/hari dapat terpenuhi.


References


Buffa, Elwood S, 1983, Modern Production / Operation Management 7 / E, John Willey And Sons, New York.

Dilworth, James B, 1993, Production And Operation Management, 5 Th Edition MC Graw- Hill, Singapore.

Elsayed, Elsayed A And Boucher, Thomas O, 1995, Analysis and Control Of Production Sistem, 2nd Edition, PHI, New York.

Nasution, Arman Hakim, 1999, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Sritomo Wigjo Soebroto, 1989, Teknik Tatacara Dan Pengukuran Kerja, Guna Widya, Jakarta.

Sutalaksana, Iftikar Z, dkk, 1985, Teknik Tata Cara, MTI, Institut Teknologi Bandung,Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal IPTEK · Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)