Analisa CFD Penggunaan Duct pada Turbin Kombinasi Darrieus-Savonius

Erifive Pranatal, Maria Margareta Zau Beu

Abstract


Teknologi penggunaan energi terbarukan telah banyak dikembangkan untuk mengurangi penggunaan energi fosil. Keuntungan dari energi terbarukan ini adalah ramah lingkungan dan selalu tersedia. Contohnya penggunaan arus laut sebagai sumber tenaga listrik dengan menggunakan turbin. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk meningkatkan performa turbin, misalnya penggunaan duct. Duct digunakan untuk mengurangi riak torsi, sehingga daya yang dihasilkan tidak memiliki fluktuasi tinggi yang mengakibatkan getaran berlebih pada turbin. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah bagaimana efek penggunaan duct pada turbin kombinasi Darrieus-Savonius untuk mengurangi faktor riak torsi (TRF) dengan analisa CFD. Simulas dilakukan pada duct tipe 1, 2 dan tanpa duct dengan hasil masing-masing nilai TRF-nya 3,939; 3,489 dan 4,930. Kesimpulan bahwa pengggunaan duct pada turbin dapat menurunkan riak torsi, dimana duct tipe 2 menghasilkan TRF yang lebih kecil yakni 3,489.


Keywords


CFD; Duct; Energi terbarukan; Turbin

References


Badan Litbang ESDM, "Buku Tahunan Penelitian Dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral 2014".[Online], Available: http://webpac.lib.itb.ac.id/index.php/bibliografi/detail/117977

Erifive Pranatal, Zuhdi Aguk MF. "Numerical Study Darrieus-Savonius as a Low Speed Marine Current Energy Converter". The 2 nd ISST 2016, ITS-Surabaya, 2 Agustus 2016.

M H Mohamed, A M Ali, A A Hafis. "CFD analysis for H-rotor Darrieus turbine as a low speed wind energy converter", Engneering Science and technology, an international journal., vol 18 issue 1, p. 1-13, March 2015.

A R Malipeddi, D Chatterjee."Influence of Duct Geometry on The Performance of Darrieus Hydroturbine. Journal of Renewable Energi. no 43, p. 292-300, July. 2012.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.iptek.2018.v22i1.239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.