PERBAIKAN KUALITAS PROSES PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN LEAN-SIGMA DI PT. AUTOKORINDO PRATAMA, GRESIK

Ni Luh Putu Hariastuti, Rony Nur Cahya

Abstract


PT. Autokorindo Pratama Gresik adalah sebagai salah satu produsen velg truck dan bus di Indonesia. Penelitian ini menitiberatkan pada penggabungan konsep lean manufactur dan konsep six sigma  yaitu lean sigma untuk memperbaiki kualitas. Tools lean sigma yang dipakai pada penelitian ini adalah Value Stream Mapping, pareto chart, fishbone diagram, dan Failure Mode and Effect Analysis. Dari hasil penelitian diperoleh waste terkritis yaitu waste defect, waste motion, dan transportation dan waste waiting pada proses produksi disc, rim, ring, assy, dan paint. Dalam penelitian ini jenis waste defect tertinggi adalah dimensi part tidak sesuai pada proses expanding yang terdapat pada proses produksi rim dengan jumlah defect 1900 unit. Dan waste transportation adalah jarak antara proses assy dengan proses paint sejauh 100 m. Dengan perbaikan ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan meminimalisasi terjadinya waste defect, waiting, motion, dan transportation. 

 

Kata Kunci  : Waste, Lean Sigma,Value Stream Mapping, Pareto Chart, Fishbone Diagram, dan Failure Mode and Effect Analysis.


References


Arlianto, Jerry Agus, Meiriani Salim, dan Anantasari, 2009. Perbaikan Kualitas Proses Produksi Dengan Pendekatan Lean – Sigma Pada Divisi Produksi II, PT. Ilufak Plaskaging, Sidoarjo. Jurnal Sistem Teknik Industri. Jurusan Teknik Industri, Universitas Surabaya.

AAIG (Automotive Industri Action Group)

Gasperz, Vincent, 2007. Lean Six Sigma For Manufacturing and Service Industries, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

George, Michael L, 2002. Lean Six Sigma, McGraw-Hill, United States of America.

Green, Andy. 9 Langkah Brainstroming. Pertemuan-9-ct.ppt

Isma, Boy Putra, 2010. Penerapan Metode Six Sigma Untuk Menurunkan Kecacatan Produk Frypan di Cv. Corning Sidoarjo. Jurnal Sistem Teknik Industri. Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Liker, J.K, 2004. The Toyota Way: 14 management Principles from The World’s Greatest Manufacturer, McGraw-Hill, New York.

Lindsay, Evans, 2005. An Introducing to Six Sigma & Process Improvement: Pengantar Six Sigma, Jakarta: Salemba Empat

Nurwidiana, dan Moehamad Aman, 2009. Evaluasi Hasil Implementasi Lean Six Sigma Berdasarkan Nilai COPQ Menggunakan Pendekatan FMEA. Jurnal Sistem Teknik Industri. Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Pande, Peter S., Neuman, Robert P., Cavanagh, Roland R. 2002. The Six Sigma Way (Bagaimana GE, Motorola, dan Perusahaan Terkenal Lainnya Mengasah Kinerja Mereka), Andi, Yogyakarta.

Pusporini, Pregiwati dan Deny Andesta, 2009. Integrasi Model Lean Sigma Untuk Peningkatan Kualitas Produk. Gresik. Jurnal Sistem Teknik Industri. Jurusan Teknik Indutstri, Universitas Muhammadiyah Gresik.

Yamit, Zulian, 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Ekonosia, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i2.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.