PENERAPAN METODE HOUGH LINE TRANSFORM UNTUK MENDETEKSI PINTU RUANGAN MENGGUNAKAN KAMERA

Syahri Muharom

Abstract


Kamera sering digunakan untuk mengenali suatu benda dalam bidang pandang kamera. Pintu adalah salah satu bagian terpenting dari suatu ruangan, dimana pintu adalah akses keluar dam masuknya seseorang dalam ruangan tersebut. Dalam penelitian ini kamera difungsikan untuk mendeteksi keberadaan pintu sebuah ruangan. Proses untuk pendeteksian pintu adalah dengan pengenalan ciri-ciri dari pintu ruangan, citra pintu yang di capture kamera diubah menjadi citra gray, dengan edge detection citra menjadi bentuk biner, dan hough-transform. Dari hasil pengolahan citra menggunkan hough-transform, citra menjadi pola garis-garis pada bagian bingkai pintu, garis-garis inilah yang dijadikan parameter dalam mendeteksi pintu ruangan. Sistem dapat mendeteksi pintu dengan nilai rata-rata 81.3%, dimana nilai luminasi sangat mempengaruhi pendeteksian pintu ruangan. Dengan nilai liminasi kurang dari 120 dan lebih dari 350, tingkat akurasi sistem sebesar 73.3%, dan dengan nilai luminasi 224-230, tingkat akurasi sistem sebesar 93.3%. Dapat disimpulkan bahwa nilai luminasi sangat mempengaruhi dalam pengenalan pintu ruangan, dan nilai luminasi sebesar 120-349 dengan nilai keberhasilan sebesar 80-93.3%.

References


Nazim Mir-Nasiri “Camera–based 3D Object Tracking and Following Mobile Robot†School of Engineering Swinburne University of Technology, 2006.

Takafumi Sonoura “Person Following Robot with Vision-based and Sensor Fusion Tracking Algorithm †Corporate R&D Center, Toshiba Corporatio,Japan, 2008.

RAFAEL MUN˜ OZ-SALINAS, dkk “Door-detection using computer vision and fuzzy logic†Department of Computer Science and Artificial Intelligence University of Granada, 2005.

Dr Jharna Majumdar “Intelligent Vision System for Door Sensing Mobile Robot†Department of Research and Development Nirtte Meenakshi Institute of Technology, 2012.

http://www.microsoft.com/en-us/kinectxbox360 (di akses pada 23/11/2016 jam 16.45 wib)

Usman Ahmad, “Pengolahan Citra Digital & Teknik Pemrogramannyaâ€, Edisi Pertama, Graha Ilmu, 2005




DOI: https://doi.org/10.31284/j.iptek.2017.v21i1.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.