Monitoring Kualitas Udara Ambien Melalui Stasiun Pemantau Kualitas Udara Wonorejo, Kebonsari Dan Tandes Kota Surabaya

Tamara Via Damayanti, Rachmanu Eko Handriyono

Sari


Aktivitas masyarakat Kota Surabaya masih banyak menghasilkan polusi udara yang dapat berbahaya terhadap lingkungan sendiri dan kesehatan makhluk hidup. Pemantauan kualitas udara ambien Kota Surabaya dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya yang dimana merupakan langkah tepat untuk melakukan pemantauan kualitas udara ambien Kota Surabaya melalui Stasiun Pemantau Kualitas Udara Wonorejo, Kebonsari dan Tandes. Kegiatan pemantauan dan pengendalian kualitas udara ambien memiliki arti penting untuk mengetahui kualitas udara sebagai kebutuhan bagi semua makhluk hidup dan sebagai informasi bagi masyarakat di Kota Surabaya tentang kualitas udara yang ada di lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami operasional pemantauan kualitas udara ambien Kota Surabaya melalui Stasiun Pemantau Kualitas Udara Wonorejo, Kebonsari dan Tandes yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya sebagai pemberian informasi peringatan pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup pada masyarakat serta mengetahui kualitas udara ambien Kota Surabaya pada bulan Agustus 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi lapangan pada Stasiun Pemantau Kualitas Udara Wonorejo, Kebonsari dan Tandes untuk mengetahui operasional sistem nya serta analisis data setiap hari melalui server. Hasil penelitian ini adalah melalui Stasiun Pemantau Kualitas Udara Wonorejo, Kebonsari dan Tandes memiliki hasil nilai kualitas udara Kota Surabaya dalam kategori ISPUbaik dan parameter pencemar udara tidak melebihi baku mutu (PP RI Nomor.22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup) dimana berarti tidak memberikan efek negatif terhadap manusia, hewan dan tumbuhan (PERMEN LHK RI Nomor P.14/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2020).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim (2021). Data Monitoring Kualitas Udara SPKU Wonorejo, Kebonsari dan Tandes Bulan Agustus 2021. Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur.

Hadi, B. S. (2021). Pemantauan Kualitas Udara Ambien Pm10 Dan Risiko Kesehatan Terhadap Masyarakat Di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Kristanti, E., Handriyono, R. E., Apsari, M. N., & Abadi, N. R. (2021). Evaluasi Monitoring Kualitas Udara Di Pt X (Desa Sedayulawas , Kecamatan Brondong , Kabupaten Lamongan). Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan, dan Infrastruktur II, FTSP ITATS, Surabaya 20 Februari 2021, 406–412.

Kurniawati, R. T. D., Rahmawati, R., & Wilandari, Y. (2015). Pengelompokan kualitas udara ambien menurut Kabupaten/Kota di Jawa Tengah menggunakan analisis klaster. Jurnal Gaussian, 4(2), 393–402.

Nasution, W. P. (2019). Analisis Kadar Gas O3 (Ozon) Di Udara Ambien Pada Salah Satu Perusahaan Container Di Belawan Dengan Metode Spektrofotometri Uv- Visible. Universitas Sumatera Utara.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.14/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2020.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Solihati, E. N., Alfiani, U., Maharani, E., Azhari, A. R., G.Y.A, C. O., Hapsari, T., Rizqyana, I. F., & Maharani, A. R. (2016). Pemeriksaan Kualitas Udara. In Universitas Diponegoro Semarang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.