PENERAPAN PRINSIP ARSITEKTUR BIOKLIMATIK PADA TATANAN LAHAN BALAI EDUKASI BUDIDAYA UDANG WINDU DI SIDOARJO

Isyfafur Rosyidah, Dian Pramita Eka Laksmiyanti, Siti Azizah

Abstract


Kabupaten Sidoarjo termasuk salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi dalam bidang perikanan tambak. Dari seluruh subkategori disektor pertanian, subkategori bidang perikanan ternyata lebih dominan di daerah Sidoarjo, peran subkategori perikanan sebagai nilai tambah disektor pertanian mencapai 68,17 persen. Namun, komoditas unggulan pada subsektor perikanan di daerah ini adalah hasil perikanan dari sektor tambak, dimana produksinya adalah yang tertinggi jika dibanding daerah lain di Jawa Timur (1/3 produksi Jatim) [1]. Ikan bandeng adalah hasil tambak terbesar di daerah Sidoarjo, kemudian diikuti oleh udang. Udang vaname menempati posisi pertama, sedangkan udang windu berada di posisi ke-2.

Full Text:

PDF

References


I. Purwaningsih, Statistik Daerah Kabupaten Sidoarjo 2020, sidoarjo: Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo, 2020.

W. Subachri, M. Yusuf, M. B. Santosa, I. Malik and C. Yusuf, BMP Budidaya Udang Windu (penaeus monodon) Tambak Tradisional dan Semi Intensif, Jakarta Selatan: WWF-Indonesia, 2014.

M. K. D. Perikanan, Pedoman Umum Budidaya Udang Di Tambak, Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi, 2004.

B. I. Endrasari, W. W. Widjajanti and S. Azizah, "Desain Wisata Edukasi Berwawasan Lingkungan di Surabaya," Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, vol. 2017, no. 6, pp. 67-72, 2017.

D. Kustianingrum, F. Salahudin, A. Yusuf and A. Mulyana, "Kajian Tatanan Massa dan Bentuk Bangunan terhadap Konsep Ekologi di Griyo Tawang, Solo" no. 82, 2012.

A. T. Agustin, I. Ratniarsih and E. Poedjioetami, "Rancangan Tatanan Lahan Pusat Rehabilitasi Stroke di Surabaya yang Berkonsep Terarah," Pros. Semin. Nas. Sains Dan Teknol. Terap, vol. 1, no. 1, pp. 239-246, 2019.

I. A. Tumimomor and H. Poli, "Arsitektur Bioklimatik," Media Matrasain, vol. 8, no. 1, pp. 104-117, 2011.

S. Ilah, Rencana Program Investasi Infrastruktur Jangka Menengah (RPI2JM) Kabupaten Sidaoarjo, Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, 2015.

S. Azizah, "Pemanfaatan Teknologi Pada Produk Unggulan Untuk Mendukung Citra Kawasan," Seminar Nasional Pendidikan 2016, pp. 601-610, 21 mei 2016.

F. Z. Agma, D. P. Laksmiyanti and F. H. Hendra, "Implementasi Konsep Sustainable Architecture pada Desain Pusat Pelatihan Kerajinan Batu Gunung," TEKSTUR: Journal of Architecture, vol. 2, no. 1, pp. 37-44, 2021.

D. P. Laksmiyanti, P. F. Nilasari and F. H. Hendra, Desain Tanggap Iklim, Surabaya: CV. Pilar Edukasi, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Katalog Buku Karya Dosen ITATS