PENERAPAN ARSITEKTUR SIMBOLIS PADA BENTUK BANGUNAN EDUKASI DAN PELESTARIAN PENYU DI PANTAI KABUPATEN MALANG

Ayu Rahmawati, Broto W Sulistyo, Wiwik Widyo Widjajanti

Abstract


Kabupaten Malang adalah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kabupaten Malang mempunyai banyak objek wisata, namun belum banyak diketahui warga dan masyarakat. Salah satu obyek wisata di Malang adalah pantai tempat persinggahan penyu untuk bertelur. Namun, populasi penyu kini cenderung menurun antara lain karena semakin berkurang habitat penyu di pantai akibat terus naiknya permukaan air laut, serta perburuan liar dan eksploitasi untuk kepentingan pribadi masyarakat setempat[1]. Maka, perlu adanya wadah edukasi dan pelestarian penyu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kegiatan edukasi dan pelestarian penyu dapat dimanfaatkan untuk kepentingan konservasi sejenis, peningkatan populasi, sarana pendidikan dan penelitian, serta pengembangan ekowisata[2]. Wadah edukasi dan pelestarian penyu dapat menjadi daya tarik tersendiri yang dapat menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara[3]

Full Text:

PDF

References


R. Ario, E. Wibowo, I. Pratikto, and S. Fajar, “Pelestarian Habitat Penyu Dari Ancaman Kepunahan Di Turtle Conservation And Education Center (TCEC), Bali,” J. Kelaut. Trop., vol. 19, no. 1, p. 60, Jul. 2016, doi: 10.14710/jkt.v19i1.602.

E. Firliansyah, M. D. Kusrini, and A. Sunkar, “Pemanfaatan dan Efektivitas Kegiatan Penangkaran Penyu di Bali bagi Konservasi Penyu,” J. Trop. Biodivers. Biotechnol., vol. 2, no. 1, p. 21, Oct. 2017, doi: 10.22146/jtbb.25690.

W. W. Widjajanti, “Karakteristik Sosial-Ekonomi Nelayan,” jurnal.itats.ac.id, p. 8.

E. R. Rumatha, I. Ratniarsih, and B. W. Sulistyo, “Penerapan Konsep Natural pada Desain Ruang Fasilitas Edukasi dan Pengolahan Jagung di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur,” Pros. Semin. Teknol. Perenc. Peranc. Lingkung. Dan Infrastruktur, vol. 1, no. 1, pp. 226–232, Aug. 2019.

N. Nurita, S. Mulatsih, and M. Ekayani, “Wisata Alam Berbasis Masyarakat sebagai Upaya Pelestarian Penyu di Pantai Temajuk Kawasan Perbatasan Kalimantan Barat,” Risal. Kebijak. Pertan. DAN Lingkung. Rumusan Kaji. Strateg. Bid. Pertan. Dan Lingkung., vol. 2, no. 3, Art. no. 3, 2015.

A. N. Ramadhani, “Pengaruh Perubahan Aktivitas pada Kampung Wisata terhadap Sense of Place Warga,” BORDER, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Nov. 2019, doi: 10.33005/border.v1i2.22.

I. Havidz and A. Ashadi, “Kajian Arsitektur Simbolik Pada Bangunan Olahraga Jakarta International Velodrome,” J. Arsit. ZONASI, vol. 3, no. 3, Art. no. 3, Oct. 2020, doi: 10.17509/jaz.v3i3.24964.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Katalog Buku Karya Dosen ITATS