Analisa Tatanan Lahan Pusat Edukasi Kesenian Wayang Kulit dengan Pendekatan Arsitektur Budaya Jawa Majapahit di Kabupaten Mojokerto

Devi Permadi, Amir Mukmin Rachim, Failasuf Herman Hendra

Abstract


Salah satu kekayaan budaya dan seni tradisi di Kawasan Kabupaten Mojokerto adalah kesenian wayang kulit. Menurut dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, akan ada penambahan mata pelajaran yaitu seni dan budaya, sehingga pelajar dapat memperoleh pembelajaran tentang kesenian dan kebudayaan. Namun, saat ini belum ada fasilitas-fasilitas yang mewadahi aktivitas tersebut di Kabupaten Mojokerto. Maka dari itu, perlu diadakan suatu wadah berupa Pusat Edukasi Kesenian yang bisa menfasilitasi para seniman, peminat dan penikmat kesenian wayang kulit. Budaya Budaya adalah suatu cara hidup yang dipakai oleh sebuah kumpulan ataupun kelompok orang untuk kemudian diwariskan ke generasi selanjutnya. Unsur-unsur yang membentuk budaya antara lain yaitu sistem agama dan politik, adat istiadat, pakaian, perkakas, bahasa, bangunan, dan karya seni. Bukti bahwa suatu budaya tersebut dipelajari adalah ketika seseorang berusaha membaur dan menyesuaikan dengan orang-orang yang berbeda budaya [1]. Kebudayaan merupakan suatu pedoman hidup dalam suatu masyarakat. Kebudayaan cenderung menjadi tradisi dalam suatu masyarakat dan dijadikan kerangka acuan dalam bertingkah laku dan bertindak [2].

Full Text:

PDF

References


H. Kusniyati dan N. S. Pangondian Sitanggang, “Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, Apr 2016, doi: 10.15408/jti.v9i1.5573.

Jalaluddin, Psikologi Agama. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1996.

J. L. Kartono, “Konsep Ruang Tradisional Jawa dalam Konteks Budaya,” Dimensi Inter., vol. 3, no. 2, Art. no. 2, 2005, doi: 10.9744/interior.3.2.

J. Suryana, Wayang Golek Sunda: Kajian Estetika Rupa Tokoh Golek. Bandung: Kiblat Buku Utama, 2002.

L. S. Tatura, “Analisis Penataan Ruang Parkir Pasar Central Kota Gorontalo,” J. Sainstek, vol. 7, no. 01, Art. no. 01, Mar 2013.

W. W. Widjajanti, “Keberadaan dan Optimasi Ruang Terbuka Hijau bagi Kehidupan Kota,” J. ITATS, hlm. 7, 2010.

D. Kustianingrum, F. Salahudin, A. Yusuf, dan A. Mulyana, “Kajian Tatanan Massa dan Bentuk Bangunan terhadap Konsep Ekologi di Griyo Tawang, Solo,” hlm. 82, 2012.

A. T. Agustin, I. Ratniarsih, dan E. Poedjioetami, “Rancangan Tatanan Lahan Pusat Rehabilitasi Stroke di Surabaya yang Berkonsep Terarah,” Pros. Semin. Nas. Sains Dan Teknol. Terap., vol. 1, no. 1, hlm. 239–246, Sep 2019.

B. I. Endrasari, W. W. Widjajanti, dan S. Azizah, “Desain Wisata Edukasi Berwawasan Lingkungan di Surabaya,” vol. 2017, hlm. 6, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Katalog Buku Karya Dosen ITATS