Arsitektur Hijau pada Rancangan Terminal Pelabuhan Penumpang Eksekutif di Labuan Bajo

Ayu Kurniawati, Failasuf Herman Hendra, Amir Mukmin Rachim

Abstract


Labuan Bajo merupakan salah satu prioritas pengembangan pariwisata unggulan di Nusa Tenggara Timur. Pelabuhan penumpang kapal laut dalam hal ini merupakan salah satu fasilitas yang sangat vital. Beberapa fasilitas dibuat untuk mengakomodasikan kebutuhan khusus penumpang kapal laut tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kelancaran dan kemudahan wisatawan untuk berkunjung di Labuan Bajo, karena sebelumnya pelabuhan yang ada masih tumpang tindih dengan terminal kargo di dalam satu tempat. Pelabuhan Penumpang Eksekutif dirancang sebagai solusi untuk wisatawan lokal dan mancanegara yang akan berkunjung ke Labuan Bajo. Pelabuhan ini dikhususkan untuk penumpang dengan pelayanan premium yang nyaman dan menarik bagi wisatawan. Pelabuhan Penumpang Eksekutif ini mengusung konsep ramah lingkungan yang didasarkan pada tema Arsitektur Hijau dimana diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan perancangan dengan memperhatikan aspek kenyamanan pengunjung dan memberikan manfaat bagi lingkungan, ekonomi, dan sosial di Labuan Bajo.

Full Text:

PDF

References


I. Ratniarsih, “Identifikasi Konsep Arsitektur Hijau pada Kompleks Perumahan Dinas PT. Kereta Api Indonesia di Kelurahan Pacarkeling Surabaya,” in Seminar Nasional Refleksi 30 Tahun Fakultas Teknik, Denpasar, 2014, pp. 59–65.

S. Wiyadi, “Belawan International Passenger Terminal (Arsitektur High Tech),” Laporan Perancangan Tugas Akhir, Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universistas Sumatera Utara, Medan, 2010.

C. J. Khisty and B. K. Lall, Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi, Ketiga. Erlangga, 2005.

N. A. Puspadi, M. Wimala, and R. Sururi, “Perbandingan Kendala dan Tantangan Penerapan Konsep Green Campus di Itenas dan Unpar,” RekaRacana J. Tek. Sipil, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Jun. 2016, doi: 10.26760/rekaracana.v2i2.23.

N. Nareswarananindya, “Eksplorasi Material Glulam pada Perancangan Shelter menggunakan Saluran Kreativitas Focus on Material,” BORDER, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Nov. 2019, doi: 10.33005/border.v1i2.27.

S. Wardiningsih, “Arsitektur Nusantara Mempengaruhi Bentuk Bangunan yang Berkembang di Indonesia,” vol. 2, no. 2, p. 10, 2015.

F. H. Hendra, “Adaptasi Guna Mencapai Kenyamanan di Dalam Bangunan Kolonial pada Lingkungan Padat,” 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Katalog Buku Karya Dosen ITATS