Chapter 7. STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM UNTUK PENINGKATAN BUDAYA STUDIO DI JURUSAN ARSITEKTUR

Dian P.E. Laksmiyanti

Abstract


Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan bahwa Arsitektur adalah ilmu merancang bangunan. Gabungan dari seni dan ilmu dalam merancang, dalam hal ini sebenarnya tidak hanya bangunan itu sendiri melainkan Arsitek harus mendesain lingkungan binaan. Lingkungan binaan ini dapat mencakup secara makro maupun mikro. Lingkungan binaan secara makro meliputi perencanaan perkotaan, perancangan kota, arsitektur lansekap, sedangkan lingkungan binaan secara mikro meliputi perancangan bangunan, desain interior, perncangan perabot hingga desain produk. Ilmu Arsitektur merujuk pada proses dan hasil dari rancangan tersebut. Menurut Vitruvius, Ilmu Arsitektur ini adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya dan dilengkapi dengan proses belajar dan penilaian terhadap karya tersebut, sehingga sesungguhnya Arsitektur adalah ilmu yang multidisiplin. Di dalamnya terdapat berbagai macam ilmu seperti fisika, matematika, sains, seni, teknologi, filsafat, politik, psikologi, humaniora, sejarah, dan sebagainya. Karya arsitektur yang baik menurut Vitruvius harus mencakup 3 hal, diantaranya: keindahan / estetika (venustas), kekuatan (firmitas) dan kegunaan / fungsi (utilitas). Steve jobs juga pernah berkata bahwa desain yang baik bukan tergantung dari tampilannya, namun bagaimana performancenya, “design is not about how its look but how its work”. Sehingga proses desain dan pembelajaran di Arsitektur itu sendiri harus mengacu pada tiga hal tersebut.

Full Text:

PDF

References


B. Suryosubroto (1990). Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kepemimpinan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Beyer, B. K. (1995). Critical Thinking. Bloomington, IN: Phi Delta Kappa Educational Foundation.

Bownass David (2001). Building Services Design Methodology. New York: Spon Press

Groat Linda N, Wang David (2013). Architecturel Research Methods. New Jersey: John Wiley & Sons. Inc, Hoboken.

Jormakka Kari. (2003). Basics Design Methods. Swiss: Birkhäuser Architecture

Kustandi Cecep, Darmawan Daddy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Marczyk Geoffrey, DeMatteo David, Festinger David (2005). Essential of Research Design and Methodology. New Jersey: John Wiley & Sons. Inc.

Salam Burhanuddin (2011). Pengantar Pedagogik Dasar-Dasar lmu Mendidik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sani Ridwan Abdullah (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Vitruvius, Herbert Langford Warren, Morris Hickey Morgan. (1960). Vitruvius: The Ten Books on Architecture. New York : Dover Publications

White Edward T (1983). Site Analysis: Diagramming lnformation for Architectural Design. Florida: Architectural Media Ltd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Katalog Buku Karya Dosen ITATS