Chapter 2. PEMBELAJARAN BERBASIS RISET PADA MAHASISWA TEKNIK PERKAPALAN ITATS SEBAGAI IMPLEMENTASI KAMPUS MERDEKA

Minto Basuki, Maria Margareta Zau Beu

Abstract


Indonesia adalah Negara maritime, hamper 2/3 wilayah Indonesia adalah laut. Potensi laut Indonesia sangat kaya, ada total potensi ekonomi di sebelas sektor kelautan Indonesia sebesar 1,338 triliun dolar AS per tahun. Jumlah tersebut setara dengan lima kali lipat APBN 2019 (Rp 2.400 triliun = 190 miliar dolar AS) atau 1,3 Produk Domestik Bruto (PDB). Sebagai negara kepulauan dengan luas laut mencapai 5,8 juta kilometer persegi yang mana terdiri atas 3,1 juta kilometer persegi teritorial dan 2,7 juta kilometer persegi ZEE, Indonesia memiliki potensi ekonomi maritim yang sangat besar. Sayangnya, kondisi ekonomi maritim di Indonesia belum maksimal karena ternyata baru sekitar 25% dari potensi tersebut yang dimanfaatkan dengan baik.
Salah satu agenda prioritas pembangunan wilayah oleh Presiden Jokowi melalui Konsep Nawacita adalah pembangunan kemaritiman. Pembangunan kemaritiman tidak lagi diposisikan sebagai sektor pinggiran (peripheral sector) tetapi dipandang sebagai motor penggerak perekonomian nasional sekaligus menjadi sumber kemajuan dan kemakmuran masyarakat Indonesia. Pembangunan dan pengembangan sektor maritim menjadi prioritas pemerintahan Jokowi karena selama ini pembangunan ekonomi Indonesia hanya terfokus dan bertumpu pada pembangunan ekonomi di daratan saja. Padahal jika dilihat dari sisi potensinya, sektor maritim Indonesia memiliki potensi yang sangat besar yang sampai saat ini baru sekitar 20 persen saja yang berhasil dimanfaatkan. Apabila potensi sektor maritim ini dapat dikelola dan dimaksimalkan oleh pemerintah, tentunya akan dapat memberikan nilai tambah yang cukup signifikan terhadap pembangunan nasional.

Full Text:

PDF

References


Basuki, M., Susanto, R.B., dan Herianto, H. P., (2015). Analisis Risiko Kegiatan Bongkar Muat Sebagai Komponen Dwelling Time Di Pelabuhan, Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan III 2015. LPPM-ITATS.

Dirjen Dikti. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi ke satu. Cetakan ke-1.

Jurusan Teknik Perkapalan. (2015). Peta Jalan Penelitian Jurusan Teknik Perkapalan. FTMK-ITATS.

Jurusan Teknik Perkapalan. (2016). Buku Silabus Teknik Perkapalan. FTMK – ITATS.

Nasution, A. H., Tjahjono. B. dan Soewardojo, D. (2020). Manajemen Strategi: Pendekatan Change Management Berbasis Revo 4.0 di Era VUCA. Penerbit PT. ITS Tekno Sains.

Nisworo, S. (2020). Renewable Energy Initiatives for Green Energy in Indonesia, Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan 30 Mei 2020. Universitas Tidar Magelang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Katalog Buku Karya Dosen ITATS