Chapter 6. PENGUNAAN JENIS ANODA DAN VARIASI WAKTU PROSES ELEKROPLATING BAJA KARBON DALAM APLIKASI PERLINDUNGAN KATODIK TERHADAP KOROSI

Vuri Ayu Setyowati, Suheni Suheni, Asep Nur Hidayat

Abstract


Logam merupakan bahan yang pada umumnya diaplikasikan dalam segala aspek di kehidupan, diantaranya dalam hal rumah tangga, industri, perniagaan, dan bidang lainnya yang berbahan dasar logam. Setiap material memiliki karakteristik yang berbeda tergantung komposisi, fabrikasi, dan kondisi dalam aplikasinya. Terdapat berbagai jenis material logam berdasarkan komposisi paduan. Salah satunya adalah baja karbon. Baja karbon merupakan baja yang umum diaplikasikan sebagai material kapal. Sebagai alat transportasi laut, kapal bekerja pada media air laut, sehingga diperlukan suatu perlindungan terhadap korosi. Korosi merupakan kerusakan material yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Keberadaan logam erat kaitanya dengan korosi. Korosi tidak dapat dicegah, akan tetapi laju korosi dapat dikendalikan supaya tidak mempercepat kerusakan material. Salah satu upaya untuk perlindungan material terhadap korosi adalah pelapisan material. Tujuan pelapisan tidak hanya untuk perlindungan korosi saja akan tetapi bertujuan untuk dekoratif.

Full Text:

PDF

References


Ariseno, Agustinus., Sutikno, Endi., Tri Subangga, Bagus., 2011.” Pengaruh Vaiasi Anoda dan Waktu Pelapisan Elektroplating Terhadap Laju Keausan Grinding Ball” Malang : Universitas Brawijaya Malang.

Era Satyarini 1), Baju Bawono 2), Optimalisasi Sifat-sifat Mekanik material S45C, Fakultas Teknologi Industri, Program Studi Teknik Industri,Universitas Atma Jaya Yogyakarta (2013).

Risyanto., 2006, “Pengaruh Variasi Celup Khrom proses electroplating tembaga,nikel Dan Chrom Terhadap Cacat Vibrous Pada Aluminium 1100”, (Tugas Akhir S1-Fakultas Teknik) Surakarta, UMS.

Sandi, Aisiyah Putri, 2017. “Pengaruh Rapat Arus dan Waktu Elektroplating Zn – Mn Terhadap Laju korosi Baja AISI 1020 Dalam Medium Korosif NaaCL 3

%”,(Tugas Akhir S1-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) Lampung, Universitas Lampung

Sugiyarta, dkk (2012)“Pengaruh konsentrasi larutan dan kuat arus terhadap ketebalan pada proses pelapisan nikel untuk baja karbon rendah”

Yerikho., Raharjo, Wahyu Purwo , Kusharjanta, Bambang., 2013 “Optimalisasi Waktu Tegangan dan Waktu Terhadap Ketebalan dan Adhesivitas Lapisan pada Plat Baja Karbon Rendah dengan Proses Electroplating menggunakan Pelapis Seng”. Universitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Katalog Buku Karya Dosen ITATS