MENGUNGKAP MEDAN KREATIFITAS DALAM BUDAYA VISUAL DESAIN KEMASAN UKM

Mochamad Junaidi Hidayat, Sandra Krisni Kartika Siwi

Abstract


Makanan dan kemasan (packaging) bukan saja menjadi kebutuhan yang bersifat biologis tetapi juga budaya. Ia merupakan ekspresi budaya yang juga menegaskan identitas masyarakatnya. Desain kemasan memiliki fungsi untuk membungkus, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi, dan membedakan sebuah produk di pasar. Pada akhirnya, desain kemasan berlaku sebagai pemasaran produk dengan mengkomunikasikan kepribadian atau fungsi produk konsumsi secara unik. Sebagai bagian dari produk untuk dikonsumsi, kemasan banyak memiliki dan menampilkan budaya dengan nilai pasar. Oleh karenanya, letak (keberadaan) desain kemasan utamanya adalah di pasar seperti departement store, supermarket, hypermarket, pasar tradisional, dan lain sebagainya, di mana konsumen dengan berbagai latar belakang budaya dan nilai mampu tertarik dengan segera. Dampak nilai budaya terutama perspektif masyarakat konsumsi atas kepercayaan keputusan pembelian produk tidak bisa dilebih-lebihkan. Mengamati produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) terutama produk kemasan makanan saat ini memang sudah sangat bervariatif baik dalam produk makanannya maupun kemasan yang dihasilkan. Kemasan merupakan “pemicu” karena ia langsung berhadapan dengan konsumen. Karena itu kemasan harus dapat mempengaruhi konsumen untuk memberikan respons positif, dalam hal ini membeli produk. Karena tujuan akhir dari pengemasan adalah untuk menciptakan penjualan.

Full Text:

PDF

References


Boylston, Scott, DesigningSustainablePackaging, Laurence King Publishing Ltd, 2009.

Hidayat, Moch. Junaidi. “Praktik Identitas dalam Desain Kemasan Makanan UKM”, Jurnal Terakreditasi Panggung, Institut Seni Budaya Bandung, Vol. 4 No. 4 Desember 2014, Hal 399-408.

Hidayat, Moch. Junaidi. 2010. “Desain Kemasan Makanan Industri Kecil Menengah: Sebuah Analisis Atas Budaya {ada Desain Produk Kemasan”, Artikel dalam Jurnal ACINTYA ISI SOLO.

Hidayat, Moch. Junaidi dan Faza Wahmuda., “Makna Tampilan Visual Kemasan Sebagai Penerapan Redesain Kemasan Makanan Ringan Di UKM Benok – Kabupaten Probolinggo”, Makalah Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VII Tahun 2018, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Julier, Guy, Design Issues: Volume 22, No 1 tahun 2006

Julier, Guy, , The Cultureof Design-secondeditions, 2008, Sage, Page. 57.

Klimchuk, RosnerMarianne, Sandra A. Krasovec. 2007, Desain Kemasan, Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai Konsep sampai Penjualan, Jakarta, Erlangga.

Sabana, Setiawan. 2001, Kemasan Tradisional Makanan Khas Sunda – Ungkapan Simbolik dan Estetik Seni Rupa Tradisional Sunda, ITB, Bandung.

Saifudin, Fedyani Ahmad, 2005, Antropologi Kontemporer: Suatu Pengantar Kritis Mengenai Paradigma. Jakarta: Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Katalog Buku Karya Dosen ITATS