Pelatihan Minimasi Waste dengan Lean Manufacturing pada PT. Ganding Toolsindo

Fani Puspitasari, Parwadi Moengin, Amal Witonohadi, Sofia Debi Puspa

Abstract

PT. Ganding Toolsindo selalu berusaha meningkatkan hasil produksinya untuk memenuhi kepuasan dan kepercayaan para pelanggan, akan tetapi pelanggan sering mengeluhkan bahwa perusahaan tidak dapat memenuhi permintaan produk yang dipesannya, hal ini dikarenakan kendala yang dialami oleh perusahaan. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung di lantai produksi PT. Ganding Toolsindo didapati bahwa tidak tercapainya rata – rata target produksi/hari dikarenakan adanya aktivitas yang tidak bernilai tambah atau waste. Berdasarkan pengamatan tersebut, diperlukan suatu pendekatan yang dapat meminimasi waste yang terjadi di lantai proses produksi. Salah satu pendekatan untuk meminimasi waste tersebut adalah Lean Manufacturing, pendekatan ini berfokus untuk mengeliminasi pemborosan (waste) pada proses produksi. Pemborosan didefinisikan sebagai segala sesuatu yang tidak menambah nilai pada produk. Tujuan utama dari Lean Manufacturing yakni untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan biaya serendah mungkin dalam waktu singkat dengan mengeliminasi pemborosan yang ada pada proses produksi. Salah satu tools Lean Manufacturing yang digunakan pada penelitian ini adalah Value stream Mapping dimana tools tersebut membantu untuk memetakan kondisi aliran proses untuk mengetahui letak dan jenis waste yang terjadi pada aktivitas produksi.

Full Text:

PDF

References

Panji, P., Chaeron, M., & Shodiq, M. (2018). Implementasi Konsep Lean Manufacturing Guna Mengurangi Pemborosan di Lantai Produksi. Jurnal OPSI Vol 11 No. 1

Retno, N, & Asyaro, A (2021). Pengurangan Lead Time dengan Lean Manufaktur. JIME

Kartika, L., & Dony, S. (2019). Penerapan Lean Manufacturing untuk Mengidentifikasi Waste Pada Proses Produksi Kain Knitting di Lantai Produksi. Jurnal Universitas Majalengka,

Singh, J. (2015). Continuous improvement philosophy – literature review and directions. Benchmarking: An International Journal, 22(1), 75-119.

Adhitya, A., & Nuri, W. (2018). Studi Komparatif Hukum Tabdzir dan 7 Waste Dalam Proses Manufaktur Untuk Meminimalkan Biaya. Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK, 6(1), 79-86 Vol 1, 2018.

Ratna, N & Iftadi, I. (2020), Analisis Lean Manufacturing Untuk Minimasi WastePada Proses Door PU. Vol 6, Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains

S. Gupta and S. K. Jain, “A literature review of lean manufacturing,” Int. J. Manag. Sci. Eng. Manag., vol. 8, no. 4, pp. 241–249, 2013.

A. Santoso, R. Rahmawati, and S. Sudarno, “Aplikasi Fuzzy Analytical Hierarchy Process Untuk Menentukan Prioritas Pelanggan Berkunjung Ke Galeri (Studi Kasus Di Secondhand Semarang),” J. Gaussian, vol. 5, no. 2, pp. 239–248, 2016.

B. Durakovic, R. Demir, K. Abat, and C. Emek, “Lean manufacturing: Trends and implementation issues,” Period. Eng. Nat. Sci., vol. 6, no. 1, pp. 130–139, 2018.

Ł. Dekier, “Lean History,” vol. 5, no. 1, pp. 46–51, 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.