Penyuluhan Budaya Tata Krama dan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) untuk Memperkuat Karakter Siswa SDN Kupang 4 Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo

Suparto Suparto, Rony Prabowo, Suhartini Suhartini, Evi Yuliawati, Ni Luh Putu Hariastuti, Ulfa Dwi Ariyanti

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sistem yang teratur dan mengemban misi yang cukup luas yaitu segala sesuatu yang bertalian dengan perkembangan fisik, kesehatan, keterampilan, pikiran, perasaan, kemauan, sosial sampai kepada masalah kepercayaan atau keimanan. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan formal mempunyai suatu muatan beban yang cukup berat dalam melaksanakan misi pendidikan tersebut. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan di Desa Kalialo SDN Kupang 4 Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo sebagai wujud program penyuluhan. Penurunan nilai moral pada generasi bangsa yang disebabkan oleh modernisasi, harus segera ditangani melalui pendidikan di sekolah untuk menumbuhkan budi pekerti dan nilai karakter bangsa Indonesia. Kegiatan ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran pentingnya tata krama dan budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) dalam kehidupan sehari-hari bagi murid SDN Kupang 4 Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Program penyuluhan ini dilakukan dengan menggunakan metode persuasif. Tahapan metode pelaksanaan program ini meliputi observasi, penentuan sasaran, program pelaksanaan, dan evaluasi. Penyuluhan dilakukan kepada siswa-siswi SDN Kupang 4 Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo menggunakan media power point dan menggunakan games puzzle sebagai bentuk implementasi budaya tata krama dan budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) yang telah dipelajari.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Daryanto & Darmiatun, S. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogjakarta : Gava Media.

Dikdasmen, D. (2016). Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti . Jakarta: Kemedikbud.

Fadillah, d. (2021). Pendidikan Karakter. Jawa Timur: CV.Agrapana Medika.

Fadli, M. (2017). Manajemen Meningkatkan Mutu Pendidikan. studi Manajemen Pendidikan, (2):215-240.

L.Herliana. (2018). CERITA TATA KRAMA . SOLO.

Notoatmodjo, S. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PTRineka Cipta.

Pahlevi, R. (2018). Peranan Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam Meningkatkan Kepatuhan Peserta Didik Terhadap Tata Tertib SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Putri, S. &. (2021). Implementasi Pancasila sebagai Sistem Etika. EduPsyCouns: Jurnal of Education Psychology, and Conceling, 176 -184.

Sahrodi, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran . Prosiding seminar bimbingan dan konseling. Vol.1, No. 1, Hal. 115-124.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.