Pemberdayaan Keterampilan Desain Grafis Bagi Mahasantri untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Peluang Usaha Baru Berbasis E-marketing

Anis Yusrotun Nadhiroh, Imroatul Hasanah, Annisaul Muhlisah, Dina Muzzayanah

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk memberdayakan ‘UKM Omah Shabby’ dan mahasantri dengan tujuan mengimplementasikan digital marketing untuk meningkatkan volume penjualan produk kerajinan mahasantri Universitas Nurul Jadid. Tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini adalah melatih ‘UKM Omah Shabby’ dan mahasantri dengan pengetahuan tentang produksi dari ragam handmade, custom product, dan homedecor product yang kreatif dan inovatif. Selain itu, produksi masih dilakukan secara manual tanpa bantuan mesin, sehingga jumlah produksi masih terbatas yang menyebabkan ongkos produksi relative tinggi. Kegiatan pemasaran juga masih sangat kurang, di mana dilakukan secara konvensional dan belum menerapkan media digital seperti website atau internet. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan pada studi ini adalah metode deskritif kualitatif dengan pendekatan dan usaha komprehensif pada pelatihan produksi, pelatihan pemasaran, pelatihan manajemen usaha, serta pendampingan terhadap produksi dari ragam handmade, custom product dan homedecor product yang kreatif dan inovatif. Kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan dan pelatihan dengan cara demonstrasi langsung serta menggunakan aplikasi website dalam mempromosikan hasil produksi.

Full Text:

PDF

References

Risa Ratna Gumilang, 2019, Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri, Jurnal Ilmiah Manajemen, E-ISSN : 2615-4978,P-ISSN : 2066-4620. Vol 10. No.1 Maret.

Djoko Santoso,Indarto,Aprih Santoso, 2019, Pelatihan Pemasaran Elektronik Bagi Usaha Kecil Difabel (E-marketing Trainning For Diffable Small Business) Jurnal BUDIMAS, Vol.01, No 01

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2014, Principles of Marketing, 10th Edition, Pearson Education Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

Kartika H, Bambang. 2013, WeChat, Social Messaging dengan Fitur Kaya Multimedia.

Katawetawaraks, C. & Cheng, L. W. (2014). Online shopper behavior: Influences of online shopping decision. Asian Journal of Business Research.

McLeod, Raymond dan George Schell, 2010, Management Information Systems, 8th Edition, Prentice Hall, Newn Jersey. Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Jonathan Sarwono, K. Prihartono Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet, 2015, Elex media Komputindo, Jakarta.

Justin G. Longenecker, dkk., Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil, 2013, Salemba Empat, Jakarta.

Safko, Lon and David K.Brake 2016. The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success, John Wiley & Sons: New Jersey.

Strauss, Judy dan Raymond Frost, 2014, E-marketing, 5th Edition, Prentice-Hall, Inc., Upper Saddle, New Jersey.

Turban, Efraim, R.Kelly Jr. Rainer dan Richard E.Potter, 2013, Introduction To Information Technology, 3rd Edition, John Wiley & Sons, Inc., New York.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.