Pembinaan Manajemen Keuangan Berbasis Mobile Application Akuntansi pada Industri Rumah Tangga Kacang Telur “Al-Halwa”

Muchammad Riza Fauzy, Marliana Eka Fauzia

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang diusung oleh tim pelaksana berkaitan dengan manajemen keuangan berbasis mobile application akuntansi di industri rumah tangga kacang telur AL-Halwa. Untuk mobile application yang digunakan pada pengabdian masyarakat kali ini adalah aplikasi “Catatan Harian Keuangan”. Diharapakan dengan pengenalan aplikasi keuangan ini dapat mewujudkan kesadaran bagi pelaku industri rumah tangga atau UKM dalam penggunaan teknologi manajamen keuangan usaha. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang standart untuk membantu mitra ketika melakukan pencatatan keuangan hasil usaha. Fitur yang ada dalam aplikasi ini seperti pencatatan pemasukan, pencatatan pengeluaran, laporan periodik, fitur yang menampilkan selisih keuangan, menampilkan historis data yang user input ke dalam aplikasi, fitur kemanan seperti pin dan password, hingga fitur yang dapat melakukan export laporan dalam bentuk word, exel dan pdf. 

Kata Kunci: Pengabdian Masyarakat, Industri Rumah Tanggan Kacang Telur “Al-Halwa Mobile Application Catatan Keuangan Harian

Full Text:

PDF Remote

References

Akuntasi UKM. 2021. Tentang Akuntasni UKM. Diakses dari About Us – Akuntansi UKM.

Ananda, Riski. 2016. Peran Home Industri Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industry Keripik Di Kelurahan Kubu Gabang). Riau. Jurnal JPM FISIP. Vol 3. No.2. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas.

Falih, Mumahhmad Sibiq Hilal Al, Reza Muhamamd risky & Nova Aditya Ananda. 2019. Pengelolaan Keuangan dan Pengembangan usaha pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pada UMKM Madu Hutan Lestari Sumbawa). Jurnal Mananjemen dan Bisnis Vol. 2 No 1.

Hariyani, Reni. 2019. Penggunaan Aplikasi Keuangan Digital Berbasis Android Untuk Manajemen Keuangan Pribadi. Prosiding Seminar Nasional Humanis 7 Desember 2019.

Humas Kementrian Koperasi dan UKM. 2018. Lamkiro, Aplikasi Keuangan Sederhana Untuk Usaha Mikro. Di akses dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo.go.id).

Jurnal.id. 2018. 5 Keuntungan Menggunakan Perangkat Lunak Berbasis Akuntansi. Di akses 5 Keuntungan Menggunakan Perangkat Lunak Berbasis Akuntansi - Jurnal

Kabiyo, Yiyin, Tajuddin Abdillah dan Nikmasari Pakayasa. 2020. Aplikasi Pencatatan Keuangan Berbasis Web. Jurnal Diffusion, Volume, No 1, Desember.

Pressman, Roger S. and Bruce R. Maxim. 2014. Software Engineering: A Practitioner's Approach. Eighth Edition. McGraw-Hill Education.

Putranto, Rizky Bayu. 2020. Implementasi Mobile application Akuntansi pada UMKM sektor industry Cokelat Olahan. Simposium Nasional Keuangan negara hal 273-115.

R.W, Kimbal. 2015. Modal Sosial dan Ekonomi Industri Kecil : Sebuah Studi kualitatif. Yogyakarta, Penerbit Depublis.

Romney, Marshall B., and Paul John Steinbart. 2015. Accounting Information Systems. Thirteenth Edition. New Jersey: Pearson International Edition.

Sembiring, Abdul Sani. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Catatan Keuangan Harian Dalam Pengelolaan Keuangan Keluarga. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, Vol.2 No.1 Agustus 2021 Hal. 76-82,

Refbacks

  • There are currently no refbacks.